Home / Berita / Pembangunan / KABUPATEN BATANG SIAP MEMBANGUN SMART CITY DAN SMART VILLAGE

Berita

Kabupaten Batang Siap Membangun Smart City dan Smart Village

Pemerintah Kabupaten Batang mendapat kunjungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) beserta tim dari Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (B2DK), yang tujuannya untuk mendukung kelancaran proses pembangunan jaringan telekomunikasi dalam membangun Smart Village dan Smart City di Kabupaten Batang. Dibutuhkan sarana dan prasarana untuk menunjang pembangunan yakni teknologi dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Agenda yang membahas persiapan menuju Era Smart Village dan Smart City itu dihadiri Bupati Batang Wihaji, Wakil Bupati Suyono, Kasubdit Tata Kelola Pita Lebar Kemenkominfo Dadang Irawanto, Asisten III Sekda Ripyono, Kepala Diskominfo Jamal Abdul Naser, Kepala Dispermades Tulyono, Kepala BPKPAD Asri Hermawan, dan Kepala Bappelitbang Sabino Suwondo, bertempat di Meeting Room Bupati Batang, SetdaKabupaten Batang, Kamis malam (27/7).

Wihaji mengatakan pertemuan dengan Kemenkominfo dalam rangka memberikan gambaran pemanfaatan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan yang sudah berjalan di Kabupaten Batang yang sejauh ini sudah berjalan baik di tingkat Kabupaten maupun tingkat Desa. Ada beberapa sektor yang masih perlu ditingkatkan, maka diharapkan Kementerian Kominfo dapat memberikan dukungan melalui program program yang terkait, baik dari sisi infrastruktur, maupun penyediaan sistem informasinya. Sehingga program prioritas dalam membangun Smart City dan Smart Village dapat cepat terealisasi.

Menurutnya, dari paparan tadi kita melihat dari masing – masing desa mempunyai kekuatan data dan informasi sehingga dapat diakses oleh siapapun. “Aparatur pemerintah desa nantinya akan diberikan pelatihan tentang teknologi internet,  karena mereka yang  akan memiliki dan mengolah data. Yang terpenting ada kemauan untuk belajar, kami akan siapkan sistem dan sarana penunjang lainnya” terang Bupati.

Bupati Wihaji menambahkan dengan menggunakan teknologi semua data dan informasi dari desa dapat diakses masyarakat, mulai dari pariwisata, kuliner, budaya, pembangunan  desa, jumlah penduduk hingga dapat mengukur angka lama sekolah. Harapannya seluruh masyarakat Batang harus melek teknologi, jika tidak maka kita akan tertinggal dalam bidang teknologi dan ditinggalkan oleh kemajuan zaman.

Sementara itu, Kasubdit Tata Kelola Pita Lebar Kemenkominfo Dadang Irawanto menambahkan Kemenkominfo sudah banyak membantu mempermudah akses telekomunikasi di beberapa daerah di Indonesia dan melihat Kabupaten Batang sudah siap untuk menuju era telekomunikasi yang  semakin maju. (Heri / MC) (28/07/2017).