Home / Berita / Pembangunan / LOMBA DESA UNTUK MENGETAHUI PERKEMBANGAN DESA

Berita

Lomba Desa untuk Mengetahui Perkembangan Desa

Batang - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Batang, menggelar Lomba Desa untuk mengevaluasi perkembangan desa di segala bidang. Beberapa desa yang mendapat perhatian istimewa dan dikunjungi untuk dinilai langsung yakni Desa Wonosari Kecamatan Bawang, Desa Sigayam Kecamatan Wonotunggal dan Desa Kalitengah Kecamatan Blado.

Kepala Bidang Kelembagaan, Adat dan Sosial Budaya, Dispermades Kabupaten Batang, Endang Susetyaningsih mengemukakan, lomba desa ini diharapkan agar setiap desa dapat menjalankan administrasi khusus. Penilaian juga dilakukan pada pelaksanaan pembangunan, ketertiban dan keamanan lingkungan setempat. 

“Dari sudut pandang kesehatan, dinilai lebih dekat apakah terjadi kematian ibu hamil, kematian bayi dan stunting,” tuturnya saat ditemui di Dispermades Kabupaten Batang, Kamis (9/5/2019). 

Penilaian yang tidak kalah pentingnya adalah pemanfaatan website desa, demi mewujudkan Smart Village, untuk mengenalkan potensi yang dimiliki, untuk melihat angka lama bersekolah dan melihat peranan dari kader PKK dengan tujuan terwujudnya tertib administrasi.

Ia menambahkan, salah satu pemenang lomba desa, nantinya akan diikutkan di tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2020.

“Bagi desa yang belum berpartisipasi dalam lomba desa atau evaluasi perkembangan desa, supaya di tahun-tahun mendatang memiliki niat dan semangat untuk ikut. Manfaatnya pun akan bisa dirasakan oleh masyarakat, karena desanya semakin dikenal daerah lain, karena potensi luar biasa yang dimiliki,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri)