Home / Berita / Kesehatan / JELANG HKN, DINKES BATANG BERSAMA 16 ORGANISASI PROFESI GELAR PELAYANAN KESEHATAN GRATIS

Berita

Jelang HKN, Dinkes Batang Bersama 16 Organisasi Profesi Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis

Batang - Peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 tingkat Kabupaten Batang, Dinas Kesehatan Batang bekerjasama dengan 16 organisasi profesi menggelar pelayanan kesehatan gratis di Alun - alun Batang.

Batang - Peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 tingkat Kabupaten Batang, Dinas Kesehatan Batang bekerjasama dengan 16 organisasi profesi menggelar pelayanan kesehatan gratis di Alun - alun Batang.

Kegiatan bertajuk Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) On Car Free Day, berkolaborasi dengan organisasi prosesi seperti IDI, PPNI, IAKMI, HAKLI, IAI, PAFI, IFI, IBI, PDGI, Pormiki, Persagi, Patekki, PTGMI, PPKMI, PARI dan IPAI.

“Pelayanan yang diberikan  sesuai dengan kewenangan dan kemampuan  profesi mereka masing-masing. Mulai dari pemeriksaan kesehatan, screening kesehatan, pemeriksaan laboratorium,” kata Sekretaris Dinkes Batang Ida Susilaksmi saat ditemui di Alun-alun Batang, Kabupaten Batang, Minggu (5/11/2023).

Kegiatan di Germas On Car Free Day, paramedis juga memberikan pelayanan cek gula darah, asam urat dan kelesterol, konsultasi obat, konsultasi dokter dan juga ada screening gangguan keseimbangan, seperti vertigo.

“16 organisasi profesi, Alhamdulillah hari ini berkolaborasi menggelar pelayanan dan pengabdian masyarakat dalam rangka menjelang HKN,” jelasnya.

Ida Susilaksmi menyebutkan, bahwa animo masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan gratis ini cukup tinggi. Dibuktikan dari 100 buah alat cek kolestrol, asam urat dan 200 alat cek gula darah dalam waktu kurang dari dua jam sudah habis.

“Untuk efisien waktu pelayan tidak harus urut, tidak harus dari laborat dulu, tapi mana yang kosong bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Dari hasil screening penyakit tidak menular, banyak ditemukan kolestrol tinggi, gula darah tinggi, asam urat dan hipertensi.

“Dari hasil yang ada kecenderungan saat ini penyakit tidak menular memang meningkat. Maka upaya screening kesehatan ini sebagai upaya mengedukasi. Memberikan pemeriksaan awal yang harapannya bisa melakukan pencegahan sedini mungkin pada orang - orang yang berisiko terhadap penyakit tidak menular,” terangnya.

Sementara itu, Murdiono (50) warga Kauman Batang mengakui terbantu dengan pelayan kesehatan gratis melalui program Germas On Car Free Day.

“Di kegiatan ini kita bisa cek kolesterol, gula darah asam urat dan tekanan darah secara gratis. Ini lebih pada langkah upaya pencegahan ketika kita tahu salah satu ada yang mengalami kenaikan diatas normal,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)