Home / Berita / Kesehatan / IBI BATANG GELAR BHAKTI SOSIAL DAN SOSIALISASI PENCEGAHAN STUNTING KE IBU HAMIL

Berita

IBI Batang Gelar Bhakti Sosial dan Sosialisasi Pencegahan Stunting ke Ibu Hamil

Batang - Dalam rangka memperingati HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ke-72 menggelar sosialisasi pencegahan stunting kepada ibu hamil di Aula Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Sabtu (10/6/2023).

Batang - Dalam rangka memperingati HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ke-72 menggelar sosialisasi pencegahan stunting kepada ibu hamil di Aula Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Sabtu (10/6/2023).

Pada HUT IBI Ke-72 tahun 2023 kali ini bertemakan "Satukan Dalam Langkah Transformasi Kesehatan Untuk Penguatan Pelayanan Kebidanan Berkesinambungan Berbasis Bukti".

Ketua IBI Batang Suci Asih mengatakan, hari ini kami melakukan kegiatan bhakti sosial untuk pencegahan stunting yang salah satu agenda dari peringatan HUT IBI Ke-72.

“Kegiatan ini difokuskan di Kecamatan Tersono, karena cakupan stuntingnya paling rendah seluruh kecamatan di Kabupaten Batang. Makanya, kami turun langsung ke lapangan untuk ikut menurunkan angka stunting di Kabupaten Batang,” jelasnya.

Bhakti sosial berupa makanan tambahan ini diberikan kepada 15 ibu hamil, yang difokuskan kekurangan energi kronis dan anemia. Untuk makanan tambahan yang diberikan berupa sembako, multivitamin tablet tambah darah, buah, serta makanan yang berprotein.

“Tujuan pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil supaya mengedukasi para ibu hamil di Kabupaten Batang agar tetap memperhatikan konsumsi makanan yang bergizi,” tegasnya.

Dampaknya nanti akan terlihat pada saat anak dilahirkan tidak stunting dan kondisi badan sehat serta pastinya akan cerdas.

Tidak hanya memberikan tambahan, IBI Kabupaten Batang memberikan sosialisasi pencegahan stunting dan senam ibu hamil agar persalinannya berjalan lancar.

“Mudah-mudahan kegiatan IBI Batang ini bisa memberikan contoh kepada ibu-ibu hamil supaya memperhatikan makan yang dikonsumsi dan perilaku hidup sehat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Batang Supriyono menyampaikan, sangat luar biasa sekali pada peringatan IBI Ke-72 menggelar acara pemberian makanan tambahan ke ibu hamil yang bertujuan untuk mencegah stunting di Kabupaten Batang.

“Adanya kegiatan ini pastinya akan bermanfaat bagi ibu hamil agar memperhatikan buah hatinya pada saat di dalam kandungan,” ujar dia.

Ia berharap, kegiatan ini tidak berhenti di Kecamatan Tersono saja, tapi ke depan harus tetap ada di 15 kecamatan. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)