Home / Berita / Kesehatan / LSL MEREBAK, DISDIKBUD DIMINTA TERAPKAN PENDIDIKAN KESPRO

Berita

LSL Merebak, Disdikbud Diminta Terapkan Pendidikan Kespro

Semarang - Konsumsi Antiretroviral (ARV) bagi pengidap HIV diibaratkan sebuah kewajiban agar imunitas meningkat dan menekan jumlah virus.

Semarang - Konsumsi Antiretroviral (ARV) bagi pengidap HIV diibaratkan sebuah kewajiban agar imunitas meningkat dan menekan jumlah virus.

Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Batang, Muhammad Wahyudi mengatakan, Kabupaten Batang menempati peringkat keempat setelah tiga kabupaten/kota lain di Jawa Tengah, melihat hasil data akhir Desember 2022.

“Kabupaten Batang berada di bawah Kota Semarang, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Jepara. Penurunan ini karena kesadaran pengidap untuk mengonsumsi ARV makin baik,” terangnya, usai menjadi pemateri Rakor Evaluasi Deteksi Dini, Preventif dan Respon Penyakit, di Balemong Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (24/5/2023).

Yang menjadi perhatian banyak pihak justru beralihnya kasus HIV yang menjangkiti komunitas Lelaki Seks Lelaki (LSL) dibandingkan Wanita Pekerja Seks (WPS).

“Tahun 2022 dari 2.605 LSL yang diperiksa, 114 di antaranya pengidap HIV,” jelasnya.

Perlu adanya pencegahan dengan mengintensifkan pendidikan Kesehatan Reproduksi (Kespro) di segala jenjang pendidikan. Karena fenomena LSL sudah merambah di usia 14 tahun.

“Hasil akhirnya agar pelajar mampu bertanggungjawab alat reproduksinya,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Disdikbud Batang Budiono mengakui, pengenalan pendidikan seksual memang harus diberikan kepada anak sejak awal. Anak harus diedukasi area tubuh sensitif yang harus dijaga, jika tidak akan terjadi kesalahpahaman.

“Pengenalan pendidikan seksual bukan pornografi karena tergantung sudut pandang dan cara penyampaiannya kepada anak. Itu bagian fitrah manusia yang harus menjaga area sensitifnya,” ujar dia.

Ia menambahkan, selama ini pengenalan pendidikan seksual diberikan melalui mata pelajaran Biologi dan Bimbingan Konseling. Kepastian penerapan materi khusus Kespro mohon tunggu karena sedang disusun dalam Rancangan Peraturan Bupati (Raperbup). (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)