Home / Berita / Pemerintahan / PJ BUPATI BATANG MINTA PRIORITASKAN TENAGA KERJA LOKAL DISERAP DI KIT BATANG

Berita

Pj Bupati Batang Minta Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal Diserap di KIT Batang

Batang - Peletakan batu pertama pembangunan gedung anjungan Siap kerja di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, disambut baik oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki. Pembangunan gedung anjungan Siapkerja karena Kabupaten Batang menjadi salah satu program prioritas strategis yang mendukung menumbuhkan ekonomi nasional.

Batang - Peletakan batu pertama pembangunan gedung anjungan Siap kerja di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, disambut baik oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki.  Pembangunan gedung anjungan Siapkerja karena Kabupaten Batang menjadi salah satu program prioritas strategis yang mendukung menumbuhkan ekonomi nasional.

“KIT Batang dipilih Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk menjadi tumpuan industri di Indonesia dan memberikan kesempatan kerja seluas-luasnya bagi pencari kerja,” tegasnya.

Pada 5 tahun mendatang KIT Batang akan membutuhkan 280.000 tenaga kerja baru. Saat ini saja pada fase pertama sudah sold out atau terjual semua kepada 12 tenant yang sudah deal berinvestasi di KIT.

“Dari 12 tenant itu rencananya ada 3 tenant yang akan beroperasi pada pertengahan tahun 2023,” jelasnya.

Maka, adanya gedung anjungan Siap kerja akan berkesinambungan satu sama lain. Sebab, jika adanya lapangan kerja yang berlimpah maka harus ada persiapan untuk menyiapkan tenaga kerja yang kompeten sesuai kebutuhan perusahaan.

“Dengan adanya KIT Batang saya titip untuk masyarakat Kabupaten Batang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Jangan sampai mereka hanya menjadi penonton saja di tanah kelahirannya,” ungkapnya.

Untuk itu kami mohon agar adanya perbaikan kesenjangan tenaga kerja yang ada di Kabupaten Batang.

“Kesenjangan kompetensi juga yang harus diselesaikan muncul hanya disebabkan ada bidang keahlian bisa dipenuhi tenaga local,” ujar dia.

Diharapkan, ibu menaker dapat terus memantau perkembangan kesiapan tenaga kerja di KIT Batang agar tenaga kerja lokal banyak yang berhasil diserap. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)