Home / Berita / Sosial / PANDEMI MELANDAI, LAPAS BATANG BUKA KUNJUNGAN TATAP MUKA

Berita

Pandemi Melandai, Lapas Batang Buka Kunjungan Tatap Muka

Batang Lapas Batang segera membuka layanan kunjungan tatap muka, bagi 302 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), pasca kondisi pandemi Covid-19 melandai, bahkan PPKM turun hingga Level 1.

Batang Lapas Batang segera membuka layanan kunjungan tatap muka,  bagi 302 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), pasca kondisi pandemi Covid-19 melandai, bahkan PPKM turun hingga Level 1.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Pemasyarakatan Nomor : PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022, tentang penyesuaian mekanisme terhadap layanan kunjungan secara tatap muka dan pembinaan yang melibatkan pihak luar.

Kepala Lapas Batang Rindra Wardhana mengatakan, Lapas Batang membuka layanan kunjungan tatap muka secara terbatas.

“Layanan tersebut akan dimulai 18 Juli 2022 pukul 09.00 11.30 WBP, karena perlu mempersiapkan segala sesuatu sarana prasarananya secara matang,” katanya, saat ditemui di Lapas Kelas IIB, Kabupaten Batang, Kamis (14/7/2022).

Ia menerangkan, meski telah diizinkan berkunjung langsung, namun keluarga WBP tetap wajib mematuhi peraturannya.

“Jumlah pengunjung juga tidak sebanyak saat sebelum Covid-19. Akan dibuatkan jadwal kunjungan agar tidak terjadi penumpukan,” terangnya.

Aplikasi Sistem Informasi Lapas Batang (Silaba) akan dioptimalkan penggunaannya, untuk mengontrol jadwal kunjungan keluarga WBP.

“Pendaftaran sudah dimulai secara online sejak sepekan lalu. Nanti akan ada jawaban dari Silaba kapan bisa berkunjung,” ungkapnya.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum berkunjung. Keluarga WBP dapat melakukan pendaftaran secara online minimal H-1.

“Yang berkunjung harus keluarga inti, sudah divaksin Booster, menyertakan KTP dan Kartu Keluarga. Sudah ada belasan keluarga WBP yang mendaftar melalui Silaba, dengan jumlah 150 pengunjung setiap harinya,” jelasnya.

Ia memastikan, untuk mencegah benda-benda terlarang masuk, saat berkunjung keluarga WBP tidak diperkenankan membawa barang.

“Barang yang akan diberikan kepada WBP bisa disampaikan saat dibuka layanan titipan barang. Dalam sepekan akan dijadwal, antara layanan kunjungan tatap muka dengan titipan barang,” ujar dia.

Pihak Lapas telah menentukan skema jadwal yakni layanan kunjungan tatap muka Senin dan Rabu sedangkan layanan titipan barang Selasa, Kamis dan Sabtu.

Untuk menjaga privasi, akan diberikan sekat tiap keluarga. Ruangan itu dapat menampung 50 sekat.

“Bagi WBP yang sedang menjalani hukuman disiplin karena melakukan pelanggaran, dicabut sementara untuk menerima kunjungan selama dua pekan,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)