Home / Berita / Pemerintahan / BUPATI BATANG BERIKAN BANTUAN RATUSAN JUTA UNTUK WARGANYA

Berita

Bupati Batang Berikan Bantuan Ratusan Juta Untuk Warganya

Batang - Salat Tarawih Ukhuwah keliling yang berlangsung di Masjid Nurul Huda Desa Cluwuk Kecamatan Tulis, Bupati Batang Wihaji tidak dimanfaatkan untuk berpamitan dengan warga, meskipun jabatannya tinggal 27 hari lagi.

Batang - Salat Tarawih Ukhuwah keliling yang berlangsung di Masjid Nurul Huda Desa Cluwuk Kecamatan Tulis, dimanfaatkan Bupati Batang Wihaji  untuk bersilaturahmi  dan mendengarkan aspirasi warga.

“Amanah sudah saya laksanakan, walaupun belum bisa secara maksimal melayani rakyat Kabupaten Batang. Oleh karena itu, saya bersama Wakil Bupati Suyono meminta maaf jika ada beberapa program belum terlaksana,” kata Bupati Batang Wihaji usai Salat Tarawih Ukhuwah di Masjid Nurul Huda, Desa Cluwuk Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Senin (25/4/2022) malam.

Ia mengapresiasi masyarakat Desa Cluwuk yang telah sadar membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan melunasi sebesar Rp22 juta.

“Uang yang anda bayarkan untuk pajak PBB sebesar Rp22 juta, dikembalikan lagi untuk membangun desa hampir Rp2 miliar, melalui alokasi dana desa, dana inssentif desa dan anggaran lainnya,” jelasnya.

Di hadapan para jamaah salat tarawih, Wihaji menyebutkan pembangunan infrastruktur jalan di tahun ini dianggarakan sekitar Rp81 miliar, nilai anggaran tersebut merupakan terbesar selama lima tahun menjabatnya.

“Anggaran Rp81 miliar itu tersebar di seluruh Kabupaten Batang untuk peningkatan jalan. akses jalan merupakan program prioritas agar ada peningkatan kesejahteraan disektor ekonomi, pendidikan dan pariwisata,” ungkapnya.

Dalam kesempatan salat tarawih ukhuwah Bupati Wihaji berkesempatan menyerahkan bantuan untuk Kecamatan Tulis yang nilainya ratusan juta.

Bantuan itu untuk santunan anak yatim piatu sebanyak 11 anak masing - masing mendapat Rp250 ribu. Bantuan tambahan modal usaha untuk dua orang tidak mampu masing - masing mendapat Rp1 juta. Santunan orang Lanjut usia (lansia) 5 orang masing - masing Rp250 ribu.

Lalu, santunan penyandang disabilitas sebanyak 5 orang masing - masing mendapat Rp250 ribu dan bantuan tambahan modal usaha untuk 2 orang sebesar Rp2 juta.

Tidak hanya itu, lanjut dia, bantuan juga menyasar ke Masjid Al Huda Desa Wringingintung sebesar Rp100 juta. Hibah keolahragaan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesai (IPSI) Kabupaten Batang senilai Rp80 juta dan bantuan keuangan pembuatan drainase jalan Desa Siberuk Kecamatan Tulis sebesar Rp80 juta.

Wihaji juga berkesempatan menyerahkan hadiah utama gebyar sadar pajak PBB berupa satu unit sepeda motor kepada Wasturi warga Desa Kaliboyo Kecamatan Tulis.

“Alhamdulilah bayar Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) hanya Rp10 ribu, Ibu Wasturi dapat sepeda motor. Ini namanya rezeki yang tak terduga - duga dan apresiasi Pemkab Batang atas ketaatan membayar PBB,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)