Home / Berita / Sosial / EDUKASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI UNTUK TK QURROTA A YUN BATANG

Berita

Edukasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Untuk TK Qurrota A Yun Batang

Batang - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pekalongan bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Batang mengadakan acara Humanity Day di Plataran Food Batang, Kabupaten Batang, Jumat (18/3/2022).

Batang - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pekalongan bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Batang mengadakan acara Humanity Day di Plataran Food Batang, Kabupaten Batang, Jumat (18/3/2022).

Kegiatan ini diikuti anak-anak dari Taman Kanak-Kanan (TK) RA Qurrota A Yun Kabupaten Batang yang ingin mengenal edukasi mitigasi bencana.

Tim Partnership ACT Pekalongan Gufiadi Setyo Indrawan mengatakan, bahwa acara ini dilakukan upaya meningkatkan kepedulian anak-anak terhadap masyarakat yang tertimpa bencana.

“Tidak sekedar memberi materi, dalam acara tersebut anak-anak diajarkan mengenai mitigasi bencana gempa bumi dengan cara yang bercerita dan bernyanyi,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, anak-anak juga diajak untuk mempraktikkan langsung cara-cara mitigasi bencana gempa bumi oleh Tim MRI Batang.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan para siswa. Mengingat bencana dapat terjadi kapan dan di mana saja, sehingga mereka bisa bersiap ketika menghadapi hal tersebut.

“Kita mengajarkan mitigasi bencana kepada anak-anak usia TK dengan cara yang mengasyikkan, agar materi bisa mudah dipahami dan tidak membuat mereka jenuh,” ungkapnya.

Sementara, Kepala TK RA Qurrota A Yun Kabupaten Batang Supraptini mengatakan, Alhamdulillah, ini sangat menarik edukasinya agar anak timbul rasa sosial terhadap kebencanaan.

Kalau di sekolah sendiri pembelajaran kebencanaan memang sudah diajarkan secara teori seperti banjir dan gunung meletus karena tema pembelajarannya ada.

“Pihak sekolah juga mengajarkan tidak hanya cara menyelamatkan diri saja bahkan pasca bencana kita ajarkan pemahaman kepada anak,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)