Home / Berita / Kesehatan / PERINGATI HKN KE-53, DINKES KABUPATEN BATANG LAKUKAN BERBAGAI GEBRAKAN

Berita

Peringati HKN Ke-53, Dinkes Kabupaten Batang Lakukan Berbagai Gebrakan

Memperingati Hari Kesehatan Nasional  (HKN) Ke-53 kali ini, ada berbagai gebrakan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang. Peringatan HKN tahun 2017 tampak sangat berbeda dengan melakukan aktivitas Senam Massal Germas,  direncanakan Senin 13/11 akan melaunching Puskesmas Siaga Kegawatdaruratan, launching E-Logistic dan pembagian Kartu Batang Sehat.

Peringatan Senam Massal Germas dihadiri Bupati Batang Wihaji, Dandim 0736/Batang Letkol Inf Fajar Ali Nugraha, seluruh OPD dan ribuan masyarakat Kabupaten Batang.

“HKN Ke-53 ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang hanya diperingati dengan upacara dan tasyakuran sederhana di kantor Dinkes saja, tetapi pagi ini ada pencatatan rekor MURI untuk Senam Massal Germas,” ujar Kepala Dinas Kesehatan dr. Hidayah Basbeth di Alun  - alun Kabupaten Batang, Minggu  (12/11).

dr. Basbeth mengatakan pada kegiatan senam tersebut kita menargetkan 1000 peserta kemudian dilanjutkan makan buah dan minum air mineral serta 21 Puskesmas telah menyediakan berbagai makanan sehat dari daerah masing – masing untuk dinikmati bersama –sama.

“Sebagai gebrakan dari Dinkes, insya Allah senin 13/11 akan melaunching Puskesmas Siaga Kegawatdaruratan artinya jika masyarakat mengalami gawat darurat yang bersifat massal, pihak Puskesmas bisa melayani menggunakan Handy Talky (HT) setiap saat,” ucap dr. Basbeth.

Selain itu gebrakan lain yang juga akan dilakukan, bagi masyarakat tidak mampu akan dibagikan Kartu Batang Sehat sebagai pengganti Kartu Jamkesda. Dari segi farmasi juga akan melaunching E-Logistic yaitu sebuah aplikasi yang terkoneksi dengan Dinkes untuk dapat mengetahui pelaporan obat setiap bulan.

“Tiga bulan sebelum habis masa berlaku obat, maka akan terlihat ada peringatan otomatis di aplikasi E-Logistic, tujuannya agar segera digunakan oleh masyarakat,” terangnya.

dr. Basbeth berpesan di Hari Kesehatan Nasional ini agar masyarakat tetap menerapkan pola Germas, menjaga kesehatan dengan banyak makan sayuran dan buah serta minum air mineral. Kurangi makanan manis dan karbohidrat agar terhindar dari penyakit tidak menular seperti stroke dan diabetes serta lakukan senam ringan meski sesibuk apapun dengan peregangan ringan tiap 4 jam sekali. (Heri/Arga MC)