Home / Berita / Pemerintahan / 51 TAHUN LPPL ABIRAWA TOP FM, SEMAKIN MENGEDEPANKAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

Berita

51 Tahun LPPL Abirawa Top FM, Semakin Mengedepankan Keterbukaan Informasi Publik

Lembaga Penyiaran Publik Lokal  (LPPL) Abirawa Top FM 104.9, kini telah mengudara selama 51 tahun memberikan hiburan dan informasi kepada masyarakat Kabupaten Batang. Dalam memperingati Hari Ulang Tahun LPPL Abirawa Top FM Batang yang ke 51, Bupati Batang Wihaji berencana akan mengadakan dialog interaktif untuk mendengarkan segala aspirasi masyarakat dan menyampaikan program dari Pemerintah Kabupaten Batang demi mewujudkan keterbukaan informasi publik melalui siaran Radio Abirawa Top FM

Bupati dalam sambutannya menyampaikan saat ini perkembangan terkait teknologi informasi sangat cepat, jika tidak ada kreativitas dari para penyiar, program dan bahkan Mitra Abirawa  (sapaan bagi pendengar setia), tidak menutup kemungkinan akan tertinggal. Di sisi lain LPPL Abirawa Top FM adalah media milik Pemerintah Kabupaten Batang, tentu merupakan sarana publikasi segala program kerja dan masyarakat pun dapat menggunakannya untuk menyampaikan hal – hal berkaitan dengan pelayanan publik.

“Apabila ada kreativitas dari para penyiar dan konten siaran yang tidak monoton,  saya yakin pendengarnya juga bertambah banyak, terlebih lagi karena ini milik pemerintah tentu bisa dijadikan sarana promosi pariwisata yang ada di Kabupaten Batang menuju ‘Visit Batang 2022’,” tutur Bupati.

Bupati mengharapkan agar LPPL Abirawa Top FM ke depan melakukan  perubahan menuju ke arah yang semakin baik dan ada peningkatan dari segi kreativitas agar tidak tertinggal. Selain itu, juga agar di masa kepemimpinan Beliau segala sesuatunya diharapkan tidak biasa – biasa saja, tetapi harus luar biasa.

Sementara Itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika  (Diskominfo) Jamal Abdul Naser mengatakan bahwa frekuensi dari LPPL Abirawa Top FM masih belum bisa dinikmati oleh masyarakat di beberapa kecamatan, karena permasalahan peralatan yang sudah terlalu lama. Ke depan akan dilakukan  peremajaan peralatan agar siaran  LPPL Abirawa Top FM dapat diterima dengan baik di seluruh pelosok Kabupaten Batang.

“Menuju era keterbukaan informasi publik kami juga akan lebih mengintensifkan talkshow dengan Organisasi Perangkat Daerah  (OPD), supaya masyarakat mengetahui pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh Pemkab Batang,” ucap Kepala Diskominfo.

Selain itu dalam rangka Hari Jadi Ke -51 LPPL Abirawa Top FM, Diskominfo juga mengadakan sosialisasi tentang cukai. Tujuannya agar masyarakat mengetahui ada tidaknya pita cukai yang tertempel pada produk rokok yang dibeli.

“Kegiatan ini sangat tepat sekali untuk memperkenalkan kepada masyarakat agar mengetahui segala sesuatu tentang cukai yang merupakan pungutan negara seperti halnya pajak yang tentunya akan dikembalikan  kepada Pemerintah Daerah digunakan untuk pembangunan,” ucap Nugroho Yuli Hartanto dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tegal selaku Narasumber Sosialisasi Cukai.

 

Disamping itu LPPL Abirawa Top FM juga mengundang praktisi kesehatan dr. Bekti Mastiadji,Sp.Pk untuk menyampaikan sosialisasi tentang Rokok dan Tubuh. Perlu diketahui asap rokok akan mempengaruhi selaput lendir.

“Jadi bagi para perokok aktif seharusnya juga memperhatikan dengan cara diatur agar mereka yang tidak merokok (perokok pasif) tidak terkena dampak negatif dari rokok tersebut,” himbaunnya.

Acara yang tidak kalah menarik yaitu saat pengundian doorprize dan ketika para fans (Mitra Abirawa) membaur bersama penyiar LPPL Abirawa Top FM. Mereka tidak memandang dari segifisik, terbukti bagi kaum difabel pun tetap bisa menjalin keakraban tanpa sekat. (Heri/MC)