Home / Berita / IKM UKM UMKM / PELANTIKAN KEPENGURUSAN PKK BARU, MENITIKBERATKAN KELOMPOK EKONOMI KREATIF

Berita

Pelantikan Kepengurusan PKK Baru, Menitikberatkan Kelompok Ekonomi Kreatif

Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Batang telah terbentuk kepengurusan baru yang dilantik oleh Bupati Batang Wihaji. Dalam kepengurusan yang baru ini, kami lebih menitikberatkan pada realisasi kelompok ekonomi kreatif produk – produk unggulan dari setiap kecamatan yang siap dipromosikan melalui Toko Oleh -oleh Khas Batang.

Demikian yang disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Batang Uni Kuslantasi Wihaji seusai dilantik dalam kepengurusan Tim Penggerak PKK Masa Bakti 2017 – 2022 bertempat di Pendopo Kabupaten Batang, Rabu (25/10).

“Saat ini memang kami masih melakukan agenda kegiatan tahun 2017, namun ke depan di tahun 2018 akan mendongkrak ekonomi kreatif terutama ketrampilan dan kulinernya,” ungkap Uni Kuslantasi Wihaji.

Beliau menerangkan, nantinya akan dibuat Toko Oleh – okeh Khas Batang yang disinergikan dengan masing – masing kecamatan dan desa yang mempunyai potensi lokal. Akan dibentuk seperti koperasi yang dikelola oleh TP PKK di 3 titik utama yang strategis.

“3 titik utama tersebut antara lain di Batang Mini (berdekatan dengan Hotel Yudhistira), rest area Kandeman dan exit tol Kandeman, dari ketiga tempat tersebut setelah dilakukan pengamatan, yang lebih strategis adalah di rest area Kandeman dan exit tol Kandeman yang akan dioptimalkan,” terang beliau.

Menurutnya, dalam pengelolaannya nanti kita akan mengkolaborasikan antara anggota TP PKK, Disperindagkop dan dari kalangan masyarakat yang berkemampuan di bidang ekonomi. Kami akan mengintensifkan agar TP PKK tingkat Kecamatan dalam mengontrol kegiatan di tingkat desa.

“Kami tidak akan asal – asalan dalam merekrut, tetapi harus yang berkualitas dalam mengelola Toko Oleh- oleh Khas Batang,” pungkas beliau.

Sementara itu dari Ketua Bhayangkari Cabang Batang Margaretta Kuswardani Sinulingga menyampaikan agar ada kerjasama antara TP PKK Kabupaten Batang dengan Bhayangkari Cabang Batang khususnya di bidang sosial kemasyarakatan untuk menyejahterakan masyarakat Kabupaten Batang.

Pernyataan senada pun disampaikan oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang Batang Hilda Fajar Ali Nugraha menambahkan, selama ini kerjasama antara TP PKK Kabupaten Batang dengan Persit Kartika Chandra Kirana sudah terjalin baik, tetapi kami lebih mengharapkan lagi supaya hasil kreativitas dari Ibu – ibu PKK memiliki nilai jual yang tinggi membuat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. (Heri/McBatang)