Home / Berita / Kesehatan / EMPAT PUSKESMAS KEDATANGAN TIM SURVEIOR AKREDITASI FKTP

Berita

Empat Puskesmas Kedatangan Tim Surveior Akreditasi FKTP

Tim Surveior akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ( FKTP ) dari Kementrian Kesahatan RI melakukan penilaian di empat Puskesmas di Kabupaten Batang Senin, 23/10. Dari empat Puskesmas tersebut meliputi Puskesmas Tulis, Wonotunggal, Tersono, Limpung.

Bupati Batang Wihaji saat menerima Tim akrediutasi mengatakan, Kewajiban kita sebagai ASN ( Aparatur Sipil Negara) yaitu melayanai Masyarakat, termasuk Puskesmas sehingga pola pikir kita harus di ruba bahwa kita memiliki kewahjiban melayani masyarakat dengan baik.

“Jangan memberikan pelayanan Prima ketika ada Tim akrdetiasi saja, tetapi ada maupun tidak ada tim akreditasi kitamemang biasa memberikan pelayanan prima sesuai dengan Sandar pelayanan.” Kata Bupati Wihaji saat menerima Tim Survior di Puskesmas Wonotunggal

Ia juga mengatakan, sebgai garda terdepan dalam melayani masyrakat di tingkat fasilitas kesehatan tingkat pertama harus ada kerja keras dan optimalkan kemampuan kita untuk melayani dengan sepenuh hati. Lupakan problematika rumah tangga dalam melayani pasien sehingga pelayanan kita tidak terganggu oleh masalah pribadi.

“ Optimalkan kemampuan kita dalam memberikan pelayanan, berikan senyuman kepada pasien karena senyuman bagian dari pengobatan pasien.” Pinta Wihaji kepada Karyawan Puskesmas Wonotunggal

Bupati Wihaji juga menyampaikan Komitmennya dalam membanguan pelayanan dasar kesehatan di Puskesmas yang akan membantu segala permasalahan yang ada di puskesmas, karna meningkatkan mutu pelayanan Puskesamas menjadi bagian dari komitmen kami.

“Komitmen kami meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan berbagai karakterisik pasien untuk dilayanai dengan prima, walau berbeda latar belakang pendidikan serta kemampuan pasien yang meminta pelayanan yang sama.” Kata Bupati Wihaji

Bupati Wihaji Juga meminta tingginya akangka kematian Ibu melahirkan dan Bayi yang masih cukup tinggi di Kabupaten Batang, perasn Puskesmas dan Bidan Desa memiliki peran sangat penting dalam menekan dan mengurangi kematian Ibu melahirkan dan bayi.

 Ketua Tim Surveior akreditasi FKTP Diding Sarifudin Dari Kementrian Kesehatan mengatakan, Kemetrian Kesehatan memalui Komisi Akreditasi FKTP memiliki program yang di fokuskan pada Puskesmas, dan di Kabupaten Batang di bagi menjadi dua tim untuk menilai empat Pusekesmas yang meliputi, Puskesmas Tulis, Wonotungal, Limpung dan Tersono.

“ Kami sangat apresiasi kehadiran Bupati Batang dalam menerima tim surveior sebagai bentuk komitmen Kabupaten Batang dengan pelayanan kesahatan, Dukungan Pimpinan Daerah menjadai modal utama karena kami ingin bersama – sama berkomitemen meningkatkan mutu pelayanan Kesahatan.” Kata Diding Sarifudin

Tim Surveior akan bekerja selama satu minggu di Kabupaten Batang yang akan bekerja sesuai kode etik. Dan kerja kami hanya survai dan memotret kondisi Puskesmas yang akan kami laporkan kepada komisi akreditasi. Tim surveor hanya bertugas mengirimkam laporean hasil survai dan presentasi kepala Puskesmas, Aplikasi Survai, Self Assesment akhir dari pendamping, foto Puskesmas tampak depan yang terbaru.

“ Kami tidak memiliki hak untuk menentukan hasil survai, yang berhak menentukan hasil survey adalah komisi akreditasi FKTP.” Kata Ketua Tim survai Akreditasi FKTP Puskesmas Kecamatan wonotunggal

Adapaun Tim kami terdiri dari surveor Dididng Srifudin SKM, MKM, Bidang Administrasi menejemen, Moh. Sufyan, Skep. Ns, Mkes, bidang UKM, dr. Asri Hernasari.MM bidang UKP. Yang memiliki tugassebagai pembinaan dan penilaian fasilias kesehatan tingkat pertama yang bekerjasesuai dengan kode etik yang telah di tetapkan. (Edo/Humas/McBatang)