Home / Berita / Pemerintahan / PUSLITBANG HORTIKULTURA KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA KUNKER KE PEMKAB BATANG

Berita

Puslitbang Hortikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia Kunker ke Pemkab Batang

Kepala Balai Penelitian Tanaman Sayuran Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Hortikultura Badan Litbang Pertanian Catur Hermanto mengatakan bahwa Puslitbang Hortikultura sebenarnya terdiri dari tiga komuditas utama yakni buah, sayur dan bunga.

Beliau mengatakan, melihat kabupaten Batang ini memiliki potensi yang sangat luar biasa yakni dari pantai sampai dengan pegunungan ini ada tiga jargon yang dibawa, agro industri, agro wisata dan agro bisnis, jargon tersebut saling berkaitan ujar Catur pada saat memberikan sambutan pada acara Kunjungan Kerja Puslitbang Hortikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia di Kabupaten Batang yang bertempat di Kantor Bupati Batang senin, (16/10).

Bahwa formalisasi dari kerjasama ini memang sangat diperlukan dan apa yang sudah kita lihat kermarin melalui teman-teman hasilnya ini baru draf dan perlu kita diskusikan dan kunjungan kita ini tidak hanya selesai disini akan tetapi kita duduk bersama lagi bersama teman-teman untuk membicarakan lebih ditail ujar Catur.

Kami sampaikan bahwa Badan Litbang Pertanian secara umum dan Puslitbang Hortikultura secara khusus kami leadingnya berada di teknologi kata Catur.

Kegiatan tersebut dihadiri kepala Bidang kerjasama dan penyebarluasan Hasil Peneliian Pertanian Balitbang Pertanian Kementerian RI Ida Widiarsanti, bersama rombongan dan kepala BPTP Jawa Tengah Hermanto, Bupati Batang Wihaji, Staf ahli Bupati, Kepala OPD Kabupaten Batang terdiri dari Bappeda, Dinas Pertanian, Badan Lingkungan Hidup, Bagian HumasBupati Batang Wihaji berharap dari hasil riset dari Bapelitbang Pertanian ini semoga dapat direfikasikan ke tingkat aplikasi, baik dari dinas pertanian dengan dinas terkait. Yang dalam hal ini saya kira kita sama-sama semangat untuk ketahanan pangan dan semangat membangun dunia pertanian.

Beliau meminta kepada Puslitbang untuk dapat membimbingnya karena di daerah ini juga merupakan sama-sama yang memberikan semangat pada dunia pertanian, agar lebih maju, bimbingan tersebut sangat penting karena dalam hal tertentu memang kalau tidak di kawal program mungkin hanya jadi judul saja maka saya mohon hal ini di tindak lanjuti dan tolong dikawal dan dibimbing dalam dunia pertanian tandas Wihaji.

Kepala Bidang kerjasama dan penyebarluasan Hasil Penelitian Puslitbang Hortikultura Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia Ida Widiarsanti dalam paparannya menyampaikan dari hasil penelitian kami bersama teman-teman di lapangan bahwa masih dalam bentuk Grand design dan ini kami masih secara umum dan masih perlu ditindak lanjuti lagi.

Beliau mengatakan kami dari beberapa tugas fungsi masing-masing ini mendeskripsikan kondisi eksisting pertanian di batang, serta menetapkan situasi yang diinginkan di masa depan dan merumuskan straegi untuk mewujudkan visi. Kemudian merumuskan program aksi rencana pengembangan kawasan hortikultura di Batang kata Ida.

Yang selanjutnya mengidentifikasi dan menganalisis peran masing-masing stakeholder utama dengan dukungan inovasi dan teknologi Balitbangtan.

Dengan metode penelitian yakni mengkaji gambaran kondisi awal lokasi pengembangan agrobisnis kabupaten Batang antara lain dengan kesepakatn kegiatan, keragaan data biofisik, dan existing teknologi dan kelembagaan, existing produktivitas dan pendapatan usaha tani serta potensi dan masalah peluang. Kemudian juga didukung dengan teknologi inovatif, lokus penerapan, keterlibatan instansi dan delineasi tugas dan fungsi serta pemanfaatan sumber daya alam ujar Ida.

Pada kesempatan tersebut Bupati Batang Wihaji menyerahkan cindera mata kepada Kepala BPTP Jawa Tengah Hermanto sebagai kenang-kenangan dan dilanjutkan meninjau Kebun Holtikultura Clapar Subah, (Iwan/Humas/McBatang)