Home / Berita / Pemuda dan Olahraga / WAKIL BUPATI SUYONO MENGAJAK MASYARAKAT LUANGKAN 20 MENIT UNTUK LAKUKAN GERAKAN FISIK

Berita

Wakil Bupati Suyono Mengajak Masyarakat Luangkan 20 Menit Untuk Lakukan Gerakan Fisik

Menjalankan pola hidup sehat tanpa biaya mahal sebenarnya mudah dan sederhana, hanya membutuhkan waktu 10 sampai 20 menit untuk lakukan gerakan fisik berolah raga dapat menghindari sakit.

Hal tersebut di sampaikan Wakil Bupti Batang Suyono Setelah melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS ) yang berlangsung di Jalan Veteran Batang Selasa, (18/7). Senam Germas tersebut di ikuti oleh Wakil Bupati Suyono, Kapolres Batang AKBP Juli Agung Pramono, Mantan Bupati Batang Acfha Macfudz dan mantan Wakil Bupati Soetadi dan Sataf ASN di lingkungan Kantor Bupati.

“Sebagai Insan manusia perlu memperhatikan kebiasaan sehari-hari untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatanya, untuk menjaga kesehatan tubuh setidaknya kita melakukan gerakan fisik atau olah raga setiap hari meskipun cukup lima menit atau 20 menit.” Kata Wakil Bupati Suyono.

Bupati Suyono juga berharap kepada masyrakat Kabupaten Batang untuk menjaga pola hidup sehat dengan berolah raga secara teratur yang harus dilakukan. Tidak perlu latihan berat yang menguras energi dan waktu, tidak perlu membuang-buang uang dengan pergi ke pusat kebugaran, cukup jalan-jalan rutin senam bersama di sekitar halaman rumah anda.

“untuk lebih memasyarakatkan pola hidup sehat kami harapkan semua lembaga atau intansi di Pemerintah Kabupaten Batang untuk menumbuhkan kembali dengan berolah raga dari senam, jala sehat maupun oleh raga lainya, hal ini agar tubuh kita menjadi bugar pikiran sehat dan kita menjadi produktif.” KatanyaIa juga mengatakan, karena melihat dari pola hidup masyarakat yang sekarang cenderung kurang sehat sehingga mudah sekali terserang penyakit yang tidak bisa dipredikasi dari sakit tidak menular maupun penyakit menular.

“Gaya hidup masyrakat sekarang cenderung kurang sehat sehingga banyak masyrakat yang terkena penyakit yang terkedang tidak bisa diprediksi seperti struk, jantung, kangker, dengan menjaga pola hidup sehat dengan berolah raga senam serta pola makan dengan makanan sayuran dan buah – buahan lokal.” Katanya.

Kapolres Batang AKBP Juli Agung Pramono yang ikut hadir juga mengatakan, Gerakan Masyrakat Hidup sehat sangat luar biasa manfaatnya, karena di Intansi kepolisian dan TNI sudah menjadi rutinitas yang dalam satu minggu dua kali kita berolah raga.

“Minimal kita berolah raga seminggu satu kali untuk menjaga kebugaran tubuh agar menjadi sehat, karena dengan tubuh sehat pikiran jadi sehat dan kita menjadi produktif.” Kata Kapolres Batang.

Kepala Dinas Kesehatan Batang dr, Hidayah Basbhet mengatakan, “Germas ini bertujuan untuk menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular baik kecacatan maupun kematian, menurunkan beban pembiayaan pemerintah dan menghinadarkan penurunan produktifitas serta mnghindarkan peningkatan beban finansial penduduk.” katanya.

Di sampaikan juga oleh dr Hidayah Basbhet yang mengatakan, Sejak tahun 1990 banyak sekali penyakit menular seperti, diare tipes dan infeksi saluran pernapasan atas yang banyak merenggut kematian, namun sekarang bisa di tekan.

“Tetapi sekarang beralih polanya menjadi pola penyakit tidak menular sehingga masyarakat harus mulai mendeteksi diri, karena penyakit tidak menular ada pada diri kita yang harus kita cegah dengan beralih ke makanan sehat, berolah raga.” Pinta dr. Basbhet. (Edo/McBatang)