Home / Berita / Ekonomi / STOK AMAN, OPERASI PASAR DI BATANG BELUM PERLU DILAKUKAN

Berita

Stok Aman, Operasi Pasar di Batang Belum Perlu Dilakukan

Batang - Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) sekaligus selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batang Nasikhin, menyatakan stok pangan di bulan Ramadan dan Idul Fitri dalam kondisi aman. 

"Dari hasil laporan stakeholder seperti, Bulog, Pertamina dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), stok pangan di bulan Ramadan sampai hari raya Idul Fitri dalam keadaan aman dan mencukupi," kata Sekda Nasikhin usai memimpin rapat TPID di Ruang Mawar Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Batang, Selasa (7/5/2019). 

Ia menjelaskan kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir, karena ketersediaan pangan aman bahkan untuk bahan pokok stoknya berlebih, namun demikian TPID tetap terus memonitoring harga dan stok pangan agar distribusinya berjalan dengan lancar.

"Pemkab Batang akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap tenang dan menjaga pola konsumsinya, jangan main borong, sehingga harga dapat terkendali," pintanya.

Kalau melihat kondisi harga terbilang stabil, lanjutnya, walaupun beberapa kebutuhan pokok ada yang naik, namun masih dalam batas kewajaran.

"Kecuali kalau ada fluktuasi di lapangan yang luar biasa bisa, maka akan dilakukan operasi pasar, tapi dengan antisipasi ini Insyaallah tidak terjadi," ujarnya. 

Dijelaskan pula naiknya harga bawang putih dipengaruhi oleh kondisi nasional bukan lokal, karena kondisi lokal masih cukup ketersediaannya. 

"Kalau stok aman, distribusi lancar, pola konsumsi masyarakat wajar – wajar saja maka tidak akan terjadi gejolak harga," pungkasnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)