Home / Berita / Ekonomi / SIDAK PASAR, BUPATI BATANG TEMUKAN HARGA BAWANG PUTIH MELONJAK

Berita

Sidak Pasar, Bupati Batang Temukan Harga Bawang Putih Melonjak

Batang - Pada hari pertama puasa, Bupati Batang Wihaji melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Kecamatan Bandar dan Pasar Kabupaten Batang, Senin (6/5/2019). 

"Di hari pertama puasa sengaja saya sidak pasar, karena untuk mengetahui barang apa saja yang mengalami kenaikan di bulan Ramadan ini," kata Bupati Batang Wihaji.

Dijelaskan, pengecekan harga ini sebagai bahan rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk melakukan tindakan apabila ada kenaikan harga melebihi batas kewajaran. 

"Dari sidak memang ada beberapa barang kebutuhan pokok masyarakat yang mengalami kenaikan seperti, bawang putih yang mengalami kenaikan hampir 110 persen," ujarnya.

Kenaikan harga bawang putih dari Rp25 ribu menjadi Rp55 ribu menjadi perhatian kita lanjutnya, pasalnya di Kecamatan Bawang petani kita sedang panen raya Bawang putih. 

"Oleh karena itu, kita cek Dinas Pertanian seberapa banyak panennya, barangkali bisa membantu menurunkan harga Bawang di Kabupaten Batang," terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa, Panen Raya Bawang Putih di Kecamatan Bawang dari Kamar Dagang Industri (Kadin) sudah siap membelinya untuk melakukan operasi pasar. 

"Untuk kenaikan bahan pokok masyarakat, masih di kisaran wajar, tapi yang jelas kami pastikan ketersediaan kebutuhan barang pokok masyarakat di bulan Ramadan ini tetap terkendali," ujarnya. 

Sementara, Sofiatun, pedagang sayur di Pasar Batang menjelaskan, bahwa kenaikan harga bawang putih selama dua minggu sebelum Ramadan yang harga sebelumnya 1 kg mencapai Rp25 ribu, harga sekarang mencapai Rp55 ribu sampai Rp60 ribu untuk bawang import. 

"Kenaikan bawang putih belum ada yang mengeluhkan harga naik, kami juga tetap stok barangnya," ujarnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)