Home / Berita / Pelayanan Publik / PERTAMA KALI, BHIMASENA POWER RAIH PENGHARGAAN SUBROTO 2025

Berita

Pertama Kali, Bhimasena Power Raih Penghargaan Subroto 2025

Batang - PT Bhimasena Power Indonesia (Bhimasena Power), pemilik dan pengelola PLTU Batang, meraih Penghargaan Subroto Bidang Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Sektor ESDM di Hotel Kempinski, Jakarta, Sabtu (25/10/2025).

Batang - PT Bhimasena Power Indonesia (Bhimasena Power), pemilik dan pengelola PLTU Batang, meraih Penghargaan Subroto Bidang Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Sektor ESDM di Hotel Kempinski, Jakarta, Sabtu (25/10/2025).

Penghargaan tersebut menjadi capaian penting sekaligus bentuk pengakuan atas komitmen Bhimasena Power dalam membangun kompetensi SDM unggul dan berdaya saing di sektor ketenagalistrikan nasional. Sebagai informasi, Penghargaan Subroto merupakan apresiasi tertinggi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang telah diselenggarakan sejak 2017.

Ajang ini diberikan kepada para pemangku kepentingan yang berkontribusi bagi kemajuan sektor energi dan sumber daya mineral. Tahun ini, penghargaan juga menjadi bagian dari peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-80 serta mendukung agenda strategis pemerintah dalam penguatan hilirisasi dan transisi energi.

Dalam sambutannya, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia menekankan pentingnya penguatan SDM dan inovasi dalam mempercepat transformasi menuju energi bersih.

“Pembangunan sektor energi nasional diarahkan untuk menciptakan nilai tambah melalui hilirisasi dan transisi energi. Pemerintah mendorong reaktivasi sumur migas idle, pembangunan infrastruktur gas, serta pengembangan energi baru dan terbarukan sebagai bagian dari strategi menuju Net Zero Emission,” jelasnya.

Bhimasena Power dinilai sebagai perusahaan paling patuh dalam pemenuhan regulasi sertifikasi tenaga teknis bidang ketenagalistrikan. Nominasi perusahaan ini diajukan oleh PPSDM KEBTKE lembaga sertifikasi kompetensi ESDM yang bekerja sama dengan Bhimasena Power dalam program pelatihan dan sertifikasi tenaga teknis.

“Perusahaan juga mendapat apresiasi sebagai perusahaan terbaik yang berhasil melakukan sertifikasi penuh terhadap seluruh tenaga teknis internalnya, sehingga menjadi contoh penerapan standar kompetensi di sektor energi,” terangnya.

Sebagai penyedia tenaga listrik, Bhimasena Power menempatkan pengembangan SDM sebagai pilar utama dalam operasionalnya. Perusahaan menjalankan berbagai program peningkatan kompetensi teknis, pelatihan kepemimpinan, hingga penerapan budaya keselamatan kelas dunia untuk mendukung keandalan dan keamanan operasional PLTU Batang.

“Selain fokus pada pengembangan internal, Bhimasena Power juga aktif menjalankan program tanggung jawab sosial (CSR) berbasis peningkatan kapasitas masyarakat. Program tersebut mencakup pelatihan keterampilan, pemberdayaan ekonomi lokal, dan dukungan pendidikan di sekitar wilayah operasional Perusahaan,” tegasnya.

Sementara itu, Chief Operating Officer Bhimasena Power, Naofumi Yasuda menyampaikan, bahwa penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh insan perusahaan.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi SDM secara berkelanjutan sekaligus memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan sektor energi Indonesia,” ujar dia.

Capaian ini sekaligus memperkuat komitmen Bhimasena Power dalam mendukung target nasional menciptakan sektor energi yang tangguh, berdaya saing, dan berkelanjutan. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)