Home / Berita / Aktivitas Pemuda Pramuka dan Organisasi Sosial / MAKNAI SUMPAH PEMUDA, GEN Z MULAI AMATI DUNIA POLITIK

Berita

Maknai Sumpah Pemuda, Gen Z Mulai Amati Dunia Politik

Batang - Hari Sumpah Pemuda Ke-96, diperingati bersamaan dengan momentum istimewa yakni Pemilihan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Batang. Para pelajar mengambil pelajaran tentang pentingnya peran pemuda untuk berpartisipasi dalam menentukan calon pemimpinnya, dengan berperan aktif menggunakan hak pilihnya pada 27 November 2024.

Batang - Hari Sumpah Pemuda Ke-96, diperingati bersamaan dengan momentum istimewa yakni Pemilihan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Batang. Para pelajar mengambil pelajaran tentang pentingnya peran pemuda untuk berpartisipasi dalam menentukan calon pemimpinnya, dengan berperan aktif menggunakan hak pilihnya pada 27 November 2024.

Salah satu siswi kelas XII, Adel mengatakan, berapa pentingnya peran serta pemuda, terutama gen z dalam menentukan arah kemajuan Kabupaten Batang melalui pesta demokrasi lima tahunan.

“Alhamdulillah tahun ini sudah 17 tahun dan nanti pas Pemilihan Calon Bupati jadi kesempatan pertama nyoblos,” katanya, saat ditemui di SMAN 2 Batang, Kabupaten Batang, Senin (28/10/2024).

Baginya, politik justru amat penting karena demi menghindarkan gen z dari kesalahan pahaman tentang kabar yang terkadang belum pasti kebenarannya, namun disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Kadang berita itu bertebaran di media sosial, makanya gen z sebagai pemilih pemula patut menelaah dulu apakah kabar itu telah dipastikan kebenarannya atau belum,” jelasnya.

Politik baginya sangat penting, sebagai media edukasi agar sebagai pemilih pemula tidak salah menentukan pemimpin di masa depan.

“Sudah tahu kalau di Batang itu ada dua calonnya, semoga siapa pun yang terpilih nanti bisa membawa aspirasi gen z, yang pingin kalau Batang itu semakin kekinian,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Batang Sugeng mengatakan, para pendidik telah mengedukasi anak didiknya yang telah memiliki hak pilih, agar menggunakannya sesuai hati nurani. Terlebih anak juga telah mendapatkan sosialisasi langsung dari KPU, agar turut mendukung kesuksesan Pilkada.

“Sebagai pemuda, yang akan jadi pemilih pemula, anak-anak harus memahami lebih dalam karakter calon pemimpin yang akan dipilih. Lihat visi misinya, walaupun mungkin saat debat perdana ada yang belum menonton, sekarang teknologi informasi sangat canggih, jadi bisa dilihat di berbagai platform digital,” tegasnya.

Ia memandang politik sangatlah penting bagi gen z, karena merekalah yang akan menjadi calon-calon pemimpin masa depan.

“Sekarang ini mereka belajar menganalisa kebijakan-kebijakan pemimpin saat untuk diambil nilai positifnya, agar ke depan bisa membangun Batang yang makin maju,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)