Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / HARI KESAKTIAN PANCASILA, PEREKAT DAN PENJAGA PERSATUAN SERTA KESATUAN BANGSA INDONESIA

Berita

Hari Kesaktian Pancasila, Perekat dan Penjaga Persatuan Serta Kesatuan Bangsa Indonesia

Batang - Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024, dengan tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”, mengajak kita untuk lebih mendalami nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan landasan utama dalam membangun Indonesia yang makmur dan berdaulat.

Batang - Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024, dengan tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”, mengajak kita untuk lebih mendalami nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan landasan utama dalam membangun Indonesia yang makmur dan berdaulat.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menyampaikan, Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia harus senantiasa dijunjung tinggi dan diimplementasikan dalam segala aspek kehidupan masyarakat.

“Pancasila bukan sekadar lambang kebanggaan, namun juga menjadi perekat dan penjaga persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama memperkuat kesatuan, menjaga persaudaraan, dan membangun kebersamaan dalam bingkai Pancasila,” katanya usai memberangkatkan Kirab Merah Putih dalam rangka Memperingati Hari Pancasila di depan Rumah Dinas Bupati Batang, Kabupaten Batang, Selasa (1/10/2024).

Hari Kesaktian Pancasila bukan hanya menjadi momen seremonial belaka, namun juga momentum penting untuk merefleksikan betapa berharganya perjuangan para pahlawan yang telah gugur demi melindungi keberadaan Pancasila sebagai ideologi negara. Marilah kita jadikan momentum ini sebagai titik tolok untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen kita dalam memperkuat nilai-nilai Pancasila di tengah dinamika kehidupan bangsa saat ini.

Lani menyebutkan bahwa, sebagai masyarakat Indonesia, kita memiliki tanggungjawab bersama untuk menjaga dan melestarikan warisan berharga Pancasila. Tanpa kesadaran dan kepatuhan terhadap nilai-nilai Pancasila, Indonesia tidak akan mampu mencapai kemakmuran dan keberdaulatan yang diinginkan.

“Oleh karena itu, mari kita jadikan Pancasila sebagai pedoman hidup kita sehari-hari dalam upaya mewujudkan   Indonesia Emas yang kita impikan,” tegasnya.

Untuk itu, saya mengajak anak-anak muda, generasi penerus bangsa, untuk turut serta aktif dalam membangun Indonesia Emas.

Lani juga meyakini bahwa, dengan Pancasila sebagai landasan, Indonesia akan mampu menjadi negara besar yang bermartabat, adil, dan sejahtera. Marilah kita tingkatkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap bangsa dan negara, serta tetap kompak dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. (MC Batang, Jateng/Jumadi/Sri Rahayu)