Home / Berita / Aktivitas Pemuda Pramuka dan Organisasi Sosial / AJAK JAGA KEBERSIHAN, KWARRAN BATANG BAGIKAN TONG SAMPAH BERMOTIF

Berita

Ajak Jaga Kebersihan, Kwarran Batang Bagikan Tong Sampah Bermotif

Batang - Anggota Pramuka Kwarran Batang membagikan puluhan tong sampah bermotif ke sejumlah sarana publik, sebagai upaya mengajak masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Sehingga secara tidak langsung masyarakat turut menjaga kebersihan di ruang terbuka publik maupun fasilitas umum.

Batang - Anggota Pramuka Kwarran Batang membagikan puluhan tong sampah bermotif ke sejumlah sarana publik, sebagai upaya mengajak masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Sehingga secara tidak langsung masyarakat turut menjaga kebersihan di ruang terbuka publik maupun fasilitas umum.

Anggota Pramuka Kwarran Batang Hasna mengatakan, sebelumnya tong sampah dilukis terlebih dahulu dengan motif-motif bertema kepramukaan sebagai media bagi anggota Pramuka untuk menuangkan daya kreativitas dan imajinasinya.

“Tujuannya agar hasil karya mereka bisa jadi daya tarik masyarakat untuk membuang sampah setelah melihat motif gambar kepramukaan yang unik,” katanya, saat menyerahkan tong sampah, di Masjid TK Assalima, Dracik Kampus, Kabupaten Batang, Sabtu (28/9/2024).

Sebanyak 21 tong sampah bermotif dilukis oleh masing-masing pangkalan bersamaan dengan momentum Kemah Jambore Ranting (Jamran) yang digelar sejak 26-28 September 2024.

“Tong sampah kami bagikan ke sejumlah sarana publik, diantaranya Masjid TK Assalima, Masjid Jami' Baiturrahmat dan fasilitas umum seperti kamar mandi umum di area Dracik Kampus,” jelasnya.

Ia menerangkan, dipilihnya tempat-tempat tersebut karena selama tiga hari seluruh anggota Pramuka yang mengikuti Kemah Jamran, menggunakan fasilitas umum di antaranya kamar mandi.

“Ini wujud rasa tanggung jawab para anggota karena selama beberapa hari telah mengambil manfaat dari sarana publik,” tegasnya.

Anggota Pramuka Na'imah dan Meisya mengutarakan, bakti sosial ini sebagai bukti kepedulian sosial dan ungkapan terima kasih kepada pengurus masjid.

“Ini bukti terima kasih kami sama pengurus masjid karena selama tiga hari mengizinkan untuk digunakan untuk kepentingan anggota Pramuka,” ungkapnya.

Sementara itu, Pengurus Masjid Assalima Lestari Ningsih mengutarakan, program bakti sosial tong tong sampah sangat bermanfaat bagi masjid karena mendidik umat untuk membuang sampah di tempatnya. Motifnya pun menambah keunikan tersendiri karena motifnya.

“Sangat baik hasil karya anak-anak Pramuka karena mengasah kreativitas dan imajinasi dengan lukisannya yang menambah keindahan di tempat sampah,” ujar dia.

Diakuinya, masjid Assalima menjadi salah satu sarana publik yang sering dimanfaatkan untuk kepentingan saat digelarnya beberapa even utamanya membantu peserta agar mudah mendapatkan akses kamar mandi.

“Semuanya diniatkan untuk beramal jadi tidak dipungut biaya,” tandasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Sri Rahayu)