Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / MUDAHKAN LAYANAN, BPS BATANG LAUNCHING LITERASI STATISTIK DAN PENGENALAN GELATIK

Berita

Mudahkan Layanan, BPS Batang Launching Literasi Statistik dan Pengenalan Gelatik

Batang Pojok Statistik adalah inovasi pelayanan statistik terpadu sebagai langkah Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan layanan prima dan lebih dekat dengan masyarakat. Dalam hal ini BPS Batang meresmikan Literasi Statistik dan Pengenalan Gemari Literasi Statistik (Gelatik).

Batang Pojok Statistik adalah inovasi pelayanan statistik terpadu sebagai langkah Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan layanan prima dan lebih dekat dengan masyarakat. Dalam hal ini BPS Batang meresmikan Literasi Statistik dan Pengenalan Gemari Literasi Statistik (Gelatik).

Kepala BPS Batang Heni Djumadi menyampaikan, hari ini melakukan inovasi Gelatik untuk mengedepankan informasi data berbentuk angka dengan survei yang sudah dilakukan.

“BPS Batang masuk ke perpustakaan supaya semua kalangan masyarakat yang berkunjung dapat mengedukasi tentang informasi data yang berupa statistik. Dengan harapan, adanya Gelatik di perpustakaan Kabupaten Batang bisa menjadi upaya peningkatan literasi untuk masyarakat,” harapnya usai meresmikan Literasi Statistik dan Pengenalan Gelatik di Disperpuska Batang, Kabupaten Batang, Kamis (12/9/2024).

Sementara itu. Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, bahwa meningkatkan gemar membaca di perpustakaan dalam menunjang memenuhi kebutuhan belajar dan wawasan masyarakat, terutama anak-anak dengan memunculkan inovasi baru yakni Gelatik.

“Sekarang ini rasa gemar membaca di Kabupaten Batang mulai menurun peminatnya. Peran perpustakaan perlu dihidupkan. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan, pertama dimulai dari fasilitas dengan memberikan buku-buku baru, ruangan perpustakaan dapat ditata dan didesain sedemikian rupa agar memberikan kenyamanan bagi siswa untuk membaca,” tegasnya.

Dengan diresmikannya Gelatik ini, bertujuan untuk menunjang tambahan untuk meningkatkan literasi di Kabupaten Batang. Gelatik dari BPS dapat memberikan layanan informasi data statistik dalam bentuk buku dan digital seperti mencari data Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Batang langsung ada.

“Selain itu, melakukan gerakan kembali perpustakaan desa dan perpustakaan sekolah serta perpustakaan keliling yang sekarang sepi pengujung,” terangnya.

Lani menyebutkan bahwa, budaya membaca dapat menyelamatkan siswa dari keterpurukan kemampuan berliterasi dan perpustakaan sangat bisa berperan jika dikelola secara kreatif dan inovatif.

“Kemudian juga bisa dengan memilih duta baca sebagai awal supaya sering berkunjung ke perpustakaan,” ungkapnya.

Kepala Disperpuska Batang Suprapto menambahkan, adanya duta baca yang kita pilih menjadi prestasi pengujung yang banyak berkunjung keperpustakaan untuk membaca.

“Supaya memberikan contoh yang baik untuk masyarakat agar gemar membaca ke depannya di Kabupaten Batang,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)