Home / Berita / Pertanian Perikanan Perkebunan Peternakan / PMB MINTA, MASYARAKAT & PETANI HARUS JADI KESATUAN EKOSISTEM EKONOMI

Berita

PMB Minta, Masyarakat & Petani Harus jadi Kesatuan Ekosistem Ekonomi

Batang - Perkumpulan Masyarakat Batang (PMB) bekerja sama dengan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) menggelar sarasehan bertema “Peluang dalam Budidaya Pertanian”.

Batang - Perkumpulan Masyarakat Batang (PMB) bekerja sama dengan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) menggelar sarasehan bertema “Peluang dalam Budidaya Pertanian”.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Batang Wahyu Budi Santoso mengatakan, dalam era industrialisasi di Batang saat ini petani jangan sampai hanya sebagai penonton industri.

“Era industrialisasi sekarang petani dan pemerintah harus saling bersinergi. Sehingga, pendapatan petani bisa meningkat,” katanya saat ditemui di Dipaperta Batang, Kabupaten Batang, Jumat (7/6/2024).

Ketua PMB Heppy Trenggono mengatakan, tantangan petani saat ini lebih berat dibandingkan puluhan tahun lalu. Untuk itu, dirinya meminta, petani dan pemerintah harus bahu saling membahu untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Menjadi petani di Indonesia saat ini tantangannya lebih berat dibandingkan dengan periode beberapa puluh tahun lalu, maka kita perlu bahu membahu bersama pemerintah untuk membantu mereka,” ungkapnya.

Sementara itu, Founder Kedai Pangan dan Jaring Tani Ahmad Supriyadi menyampaikan mengenai budidaya tanaman koro pedang yang telah digelutinya.

“Nilai ekonomis dan strategis dari manfaat koro pedang sangat banyak. Diantaranya, untuk mengatasi kebutuhan impor kedelai yang sangat besar,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Jumadi/Sri Rahayu)