Home / Berita / Pemilu / KPU BATANG PETAKAN DISTRIBUSI LOGISTIK DIAWALI DAERAH TERJAUH

Berita

KPU Batang Petakan Distribusi Logistik Diawali Daerah Terjauh

Batang - Dalam merancang distribusi logistik Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang berikan perhatian khusus tiga kecamatan yang berada di daerah dataran tinggi.

Batang - Dalam merancang distribusi logistik Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang berikan perhatian khusus tiga kecamatan yang berada di daerah dataran tinggi.

Daerah dengan georafis tersulit dan terjauh akan mendapatkan perhatian ekstra. Tiga kecamatan itu yakni Bawang, Blado, dan Reban.

“Hari ini mulai kita petakan pendistribusian logistik pemilu di Kabupaten Batang. Akan dijadwalkan dengan memperhatikan beberapa kriteria, yang pertama adalah geografis, letak, jumlah penduduk, dan jaraknya,” kata Ketua KPU Batang Susanto Waluyo saat ditemui di Kantor KPU Batang, Kabupaten Batang, Kamis (1/2/2024).

Distribusi logistik kami akan mengutamakan daerah yang terjauh dan tersulit dahulu yang diutamakan, supaya tidak ada kendala yang signifikan.

“Melihat pada Pemilu 2019 yang lalu banyak ada hambatan, tetap terdistribusi semuanya walaupun ada beberapa daerah yang memiliki geografis ekstrim juga jauh dari pusat kota,” jelasnya.

Ia menyebutkan, salah satu daerah tersulit yakni Desa Pranten Kecamatan Bawang yang pada dua tahun lalu akses jalan terputus karena tanah longsor.

“Sehingga, tidak mungkin ada kendaraan yang dapat melintas. Warga sekitar biasanya harus menyeberangi sungai untuk sampai ke Dukuh Pranten tersebut. Sementara untuk akses lain harus memutar lebih jauh sekitar 20 kilometer,” terangnya.

Maka, lanjut dia, untuk Desa Pranten masih kita petakan bagaimana solusi terbaiknya dalam pendistribusian logistik pemilu. Terpenting seluruh daerah di Kabupaten Batang logistik Pemilu bisa terdistribusi sepenuhnya. Maksimal H-1 hari pencoblosan.

“Pengiriman logistik pemilu di Kabupaten Batang akan direncanakan mulai 7 Februari 2024 sudah dimulai sesuai jadwal,” tegasnya.

Daerah yang berdekatan dengan pantai juga mendapat perhatian lebih. Pihaknya juga mengantisipasi terjadinya rob saat Pemilu berlangsung. Ia menginstruksikan daerah yang rawan rob untuk mempersiapkan lokasi alternatif.

“Semoga untuk daerah rob tidak menjadi kendala yang besar, sehingga tidak mengganggu jalannya pemungutan suara. Terpenting tetap menyiapkan alternatif jika ada kemungkinan terjadi terutama TPS yang ada di Desa Klidang Lor Kecamatam Batang,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)