Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / PJ BUPATI BATANG TINJAU ISLAMIC CENTER BATANG

Berita

Pj Bupati Batang Tinjau Islamic Center Batang

Batang - Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki melakukan kunjungan untuk mengecek persiapan operasional Islamic Canter Kabupaten Batang.

Batang - Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki melakukan kunjungan untuk melihat persiapan operasional Islamic Canter Kabupaten Batang.

Dalam kunjungan tersebut, direncanakan  sejumlah fasilitas tambahan akan dibangun seperti tempat melempar jumroh dan juga replika terowongan, serta beberapa bangunan lainnya.

Hal itu diungkapkan oleh Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki saat meninjau Islamic Center Batang, di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Selasa (19/9/2023).

“Pada anggaran perubahan tahun 2023 akan dianggarkan untuk pembangunan beberapa fasilitas penunjang tambahan,” jelasnya.

Beberapa fasilitas akan ditambahkan diantaranya tenda samawi untuk area Mina dan Arafah, replika Jabar Rahmah, replika terowongan Mina, replika lokasi mabit Musdalifah. Selain itu juga pengerasan jalan menuju area Arafah, Musdalifah, Mina dan jamarat.

“Untuk anggaran kelengkapan sarana prasarana manasik sendiri kami siapkan Rp200 juta pada APBD Perubahan 2023,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, bahwa Islamic Center Batang sendiri sudah digunakan untuk kegiatan manasik haji ataupun umroh. Beberapa Kelompok Bimbingan Haji dan Umroh telah memanfaatkan secara berkala dengan menggelar manasik di tempat tersebut.

“Insyaallah tahun depan sejumlah sarana pendukung lainnya juga akan dibangun, seperti pagar dan tembok keliling. Sehingga diperkirakan pada tahun 2024 nanti seluruh bangunan Islamic Canter sudah selesai dibangun sesuai dengan master plan yang ada,” terangnya.

Pengelolaannya masih akan dibahas dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Termasuk mekanisme jika nanti ada masyarakat ataupun KBIH yang ingin memanfaatkan Islamic Center.

“Untuk pengelolaan sendiri masih akan dirumuskan, nantinya oleh OPD mana, termasuk jika bagaimana kalau Islamic Center Batang akan digunakan oleh masyarakat dan juga KBIH. Dan ruang-ruang yang ada juga nantinya bisa dimanfaatkan oleh KBIH ataupun persaudaraan haji, karena ruangan yang ada harus juga difungsikan,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)