Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / JOB FAIR SMKN 1 BLADO, 15 PERUSAHAAN SUDAH MENDAPATKAN 80 PELAMAR

Berita

Job Fair SMKN 1 Blado, 15 Perusahaan Sudah Mendapatkan 80 Pelamar

Batang - Ribuan alumni dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Batang menghadiri job fair yang berlangsung di SMKN 1 Blado Kabupaten Batang, Selasa (12/9/2023).

Batang - Ribuan alumni dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Batang menghadiri job fair yang berlangsung di SMKN 1 Blado Kabupaten Batang, Selasa (12/9/2023).

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki yang didampingi Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Batang Rahmat Nurul Fadilah.

Dalam job fair tersebut ada 15 perusahaan Batang. Mereka sudah ada yang mendapatkan 50-80 pelamar.

Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menganggap job fair yang digelar SMKN 1 Blado ini sangatlah positif. Sebab dapat menampung para lulusan SMK yang ada di Batang, sesuai kompetensi dan skill masing masing.

“Rata-rata mereka menerima semua jurusan. Karena nanti sebelum bekerja mereka akan diajari terlebih dahulu, dan akan mendapatkan pelatihan serta pendidikan sesuai dengan job yang akan mereka terima,” jelasnya.

Untuk menyerap tenaga siap kerja, Pemkab Batang juga telah menyiapkan aplikasi laman Batang Career yang dikelola oleh Disnaker Batang. Aplikasi ini juga menjembatani pencari kerja dan pemberi kerja.

“Artinya pemberi kerja itu memberi informasi tentang kebutuhan tenaga kerja. Kemudian pencari kerja juga mencari informasi perusahaan mana yang membutuhkan tenaga kerja yang sesuai dengan keterampilan masing masing,” terangnya.

Jadi semua pihak baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat terlibat dalam kegiatan ataupun dapat memantau lewat aplikasi Batang  Career ini untuk penyerapan tenaga kerja.

Lani menyebut, saat ini penyerapan tenaga kerja dari lulusan SMK sudah meningkat  dibanding tahun sebelumnya. Terlebih Sumber Daya Manusia (SDM) dari lulusan SMK sudah terlatih dan memiliki keterampilan khusus dibandingkan sekolah umum sehingga mereka lebih siap kerja.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Blado Andi Saputro mengatakan, hadirnya job fair ini untuk mematahkan stigma SMK sebagai penyumbang pengangguran terbesar.

Menurutnya, siswa SMK sudah banyak terserap di dunia kerja, baik lokal maupun luar negeri.

“Sayangnya, dari pendataan belum tercover karena banyaknya alumni yang bekerja di luar negeri,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Siska)