Home / Berita / Pemerintahan / RSUD KALISARI BATANG KEJAR AKREDITASI ULANG

Berita

RSUD Kalisari Batang Kejar Akreditasi Ulang

Batang - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalisari Batang terus mengejar akreditasi ulang setelah mendapat predikat hasil penilaian tertinggi atau Paripurna pada tahun 2019 lalu.

Batang - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalisari Batang terus mengejar akreditasi ulang setelah mendapat predikat hasil penilaian tertinggi atau Paripurna pada tahun 2019 lalu.

Proses akreditasi RSUD Kalisari Batang berlangsung setiap tiga tahun sekali, dan tim yang terdiri dari berbagai divisi termasuk keperawatan, medis, dan penunjang lainnya bekerja keras untuk memenuhi semua standar yang ditetapkan oleh Tim Komite Akreditasi.

“Proses akreditasi yang diadakan tiga tahun sekali merupakan bukti komitmen kami terhadap kualitas pelayanan. Meski pandemi melanda, tahun 2019 lalu semangat kami tetap membara, dan kami yakin bahwa dengan persiapan matang, RSUD Kalisari Batang akhirnya mampu meraih akreditasi paripurna saat itu,” Kata Direktur RSUD Kalisari Batang Mochammat Ali Balkhi saat ditemui di RSUD Kalisari Batang, Kabupaten Batang, Jumat (25/8/2023).

Ketua Tim Akreditasi RSUD Kalisari Batang Ibnu Mas'ud memaparkan, tentang langkah-langkah yang telah diambil tim untuk memastikan proses akreditasi berjalan dengan sukses.

“Kami dari RSUD Batang saat ini sedang melakukan survei simulasi untuk akreditasi tahun 2023 bersama Tim Komite Akreditasi tingkat Kabupaten Batang. Kami mohon doanya supaya proses ini lancar,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya berupaya terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalisari Batang telah memulai persiapan akreditasi tahun 2023.

“Tim kami dari RSUD intinya sudah siap dan nanti pada Oktober 2023 saat akreditasi sesungguhnya, kami bisa mencapai hasil maksimal atau paripurna,” ungkapnya.

Persiapan yang cukup singkat, tidak menghalangi semangat dan tekad tim dalam menghadapi proses akreditasi ini.

“Persiapan kita sebenarnya cukup singkat tapi kita sudah berusaha maksimal dan alhamdulillah semua teman-teman kompak saling bahu-membahu, dari perawat, komite medis, dan komite lainnya satu sama lain saling bekerja sama. Insya Allah kesiapan kita sejauh ini paripurna,” terangnya.

Sejauh ini, lanjut dia, titik terlemah proses akreditasi ada beberapa hal yang saat ini masih terus dipersiapkan dan perbaiki hingga Oktober nanti. Salah satu aspek yang sedang diperbaiki adalah area Laundry, yang hingga saat ini masih dalam tahap perbaikan.

Ia juga menegaskan, bahwa tim tengah berupaya keras untuk menyelesaikan perbaikan ini sebelum akreditasi sesungguhnya pada bulan Oktober 2023. Meski demikian, ini adalah bentuk komitmen kami dari RSUD Kalisari Batang dalam menjawab setiap tantangan yang muncul jelang akreditasi.

“Kami sudah menyiapkan segala hal, termasuk peralatan dan lokasi. Insyaallah yang paling memakan waktu adalah perbaikan di area Laundry. Meskipun situasi Covid-19 berdampak pada berbagai sektor, kami tetap berhasil meraih akreditasi paripurna pada tahun 2019,” tandasnya.

Persiapan yang matang dan semangat tinggi menjadi kunci bagi RSUD Kalisari Batang dalam menghadapi proses akreditasi ini. Keberhasilan dalam meraih akreditasi paripurna tidak hanya menjadi kebanggaan bagi tim, tetapi juga berdampak positif pada semangat pelayanan dan kepercayaan masyarakat.

“Kerugian jika tidak mendapat paripurna, tentu berpengaruh terhadap semangat kita dalam melayani masyarakat yang otomatis bakal tidak optimal. Untuk kelebihannya ya kita bakal tambah semangat dan kepercayaan masyarakat akan lebih tinggi. Dan menjadikan RSUD ini sebagai RS yang dipercaya masyarakat dari semua lapisan, baik yang umum maupun yang peserta BPJS atau pengguna asuransi lain,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)