Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / CUACA BAGUS, PANEN TEMBAKAU DI BATANG CAPAI 1.260 TON DENGAN LAHAN 180 HEKTAR

Berita

Cuaca Bagus, Panen Tembakau di Batang Capai 1.260 Ton Dengan Lahan 180 Hektar

Batang - Memasuki musim tembakau tahun ini, Petani Kabupaten Batang bergembira mengingat cuaca cukup cerah menjadikan panen tembakau kualitasnya bagus dan meningkat hasilnya.

Batang - Memasuki musim tembakau tahun ini, Petani Kabupaten Batang bergembira mengingat cuaca cukup cerah menjadikan panen tembakau kualitasnya bagus dan meningkat hasilnya.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki usai memanen tanaman tembakau di Dukuh Manggis, Desa Jambangan, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Kamis (24/8/2023).

“Cuaca yang terik bersama petani tembakau Kabupaten Batang memanen tanaman tembakau yang tentunya pontensi sangat besar di Kabupaten Batang,” katanya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, alhamdulillah panen tembakau tahun ini ada peningkatan hasilnya. Mudah-mudahan adanya peningkatan bisa meningkat harga jual tembakau.

“Pendampingan dari Pemkab Batang selalu ada melalui anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) serta lewat Provinsi Jateng,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Batang Muhammad Sabid menyampaikan, hasil panen tahun ini sangat bagus dikisaran harga Rp8 ribu per kilo daun.

“Kebanyakan petani tembakau di Kabupaten Batang menjualnya secara basah atau berbentuk daun, karena pastinya lebih mudah. Hanya beberapa saja yang dikelola sendiri untuk dijual lokal,” terangnya.

Luasan lahan tanaman tembakau di Kabupaten Batang sebesar 180 hektar, dalam per hektarnya bisa menghasilkan 7 ton rata-rata karena cuacanya bagus jadi total hasil panen diperkirakan ada 1.260 ton.

Ia juga menyebutkan, tidak seperti tahun kemarin yang cuacanya kemarau basah jadi mengganggu pertumbuhan tanaman tembakau.

“Adanya peningkatan hasil panen tembakau disebabkan oleh cuaca yang mendukung, jadi hasilnya tembakau kualitasnya bagus,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)