Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / PJ BUPATI BATANG MINTA, ANGKA STUNTING TAHUN 2023 MENURUN LAGI

Berita

Pj Bupati Batang Minta, Angka Stunting Tahun 2023 Menurun Lagi

Batang - Upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Batang, Pemerintah Kabupaten Batang menggelar Rembug Stunting di Aula Bupati Batang, Kabupaten Batang, Selasa (27/6/2023).

Batang - Upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Batang, Pemerintah Kabupaten Batang menggelar Rembug Stunting di Aula Bupati Batang, Kabupaten Batang, Selasa (27/6/2023).

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, bahwa tidak henti-hentinya kita berusaha menurunkan angka stunting di Kabupaten Batang.

“Berdasarkan hasil survei tahun 2022 oleh Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) meningkat dari 22,1 persen menjadi 22,5 persen. Tapi kalau kita mengikuti survei yang lainnya oleh Aplikasi elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis masyarakat (e-PPGBM) Berbasis Masyarakat justru menurun dari 14,5 persen menjadi 10,39 persen,” jelasnya.

Hasil survei keduanya memang sama-sama terpercaya karena cara surveinya berbeda. SSGI mensurvei 1,45 persen bayi yang ada di Kabupaten Batang kalau e-PPGBM mensurvei 70 persen bayi yang ada di Kabupaten Batang.

“Dengan indikasi cara surveinya kita semua sudah tahu ke akuratannya yang lebih baik mana. Makanya Pemkab Batang memilih survei e-PPGBM sebagai acuan untuk menurunkan angka stunting,” terangnya.

Ia juga mengucapkan, terima kasih kepada semua pihak yang bergotong royong dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Batang.

“Selanjutnya, target ke depan pada tahun 2023 ini stunting di Kabupaten Batang harus bisa menurun lagi sampai tahun 2024 hingga zero stunting,” tegasnya.

Karena program penurunan angka stunting sudah menjadi fokus Presiden Indonesia Joko Widodo yang melalui para menterinya dan turun hingga Kepala Daerah yang menjadi tugas bersama.

“Fokusnya program ini adalah untuk meningkatkan tumbuh kembang anak-anak Balita kita yang nantinya menjadi penerus bangsa,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)