Tingkatkan Kualitas Kinerja, BPN Batang Gelar Pelatihan Kehumasan
Batang - Tugas dan Fungsi insan Hubungan Masyarakat (Humas) di lini pemerintahan semakin aktif dan taktis, mengingat perhatian publik yang semakin tinggi kepada lembaga pemerintahan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Batang Zumratul Aini saat menggelar Sosialisasi Kehumasan di Hotel Sendang Sari Batang, Kabupaten Batang, Rabu (14/6/2023).
Batang - Tugas dan
Fungsi insan Hubungan Masyarakat (Humas) di lini pemerintahan semakin aktif dan
taktis, mengingat perhatian publik yang semakin tinggi kepada lembaga
pemerintahan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN)
Batang Zumratul Aini saat menggelar Sosialisasi Kehumasan di Hotel Sendang Sari
Batang, Kabupaten Batang, Rabu (14/6/2023).
Kepala BPN Batang
Zumratul Aini menyampaikan pelayanan kantor BPN atau ATR BPN sekarang sudah
jauh lebih baik dari zaman dahulu.
“Mungkin kita sudah
tahu semua ya, kita dulu teramat sangat sulit mengakses informasi. Pelayanan ini berapa lama sih? Berkasnya
dimana sih? Berapah sih biayanya? Dulu itu teramat sulit,” jelasnya.
Bahkan, ada masyarakat
yang menyampaikan kalimat kalau tidak mau bayar segitu ya urus aja ditempat
lain, dan itulah kondisinya. Tapi sekarang sudah jauh lebih baik.
“Masyarakat sekarang
mau pelayanan apa sudah bisa mengakses, berapa lama waktu tunggu satu pelayana
para pemohon sudah tahu, berapa nilainya atau biaya yang harus dikeluarkan juga
sudah pada tahu. Kalau misalnya, harus dikonsultasikan kemana, mereka juga
sudah pada tahu. Bahkan persyaratan tugasnya sudah diberikan akses untuk
melaporkan dan seterusnya,” terangnya.
Ia juga mengatakan,
bahwa persoalannya sekarang itu adalah masyarakat dengan leluasa mengeksplotasi
dan memberitakan hal - hal yang tidak berimbang. Kita kelemahannya disitu.
“Karena kesibukan
pelayanan untuk menangani tugas pokok fungsi di pelayanan kita sudah teramat
menyita waktu. Sehingga untuk mengimbangi berita konflik ataupun berita
ekspektasi kepuasan masyarakat yang tidak sesuai,” ungkapnya.
Zumratul Aini menambahkan
saat ini berita yang heboh di masyarakat yaitu berita ekspektasi masyarakat
yang tidak sesuai.
“Yang muncul ya seperti
itu, kalau lain - lainya mah enggak. Yang jelek - jelek yang sering muncul, hal
inilah yang kurang kita balas dengan berita yang berimbang,” ungkapnya.
Ia juga berharap,
setelah sosialisasi kehumasan ini, BPN Batang bisa lebih baik lagi dalam berita
- berita untuk masyarakat yang mengkomplain atau berita konflik masyarakat
terhadap kinerja BPN.
“Kita sudah banyak hal
yang kita lakukan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Batang, khususnya
pengguna layanan pertanahan yang kini jauh sudah lebih baik dan transparan,” tandasnya.
Dalam kegiatan
sosialisasi kehumasan di lingkungan ASN Kantor BPN Batang, sebagai narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batang. (MC Batang,
Jateng/Edo/Jumadi)