Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / KEMENAG BATANG IMBAU RATUSAN PELAJAR TINGKATKAN MODERASI BERAGAMA

Berita

Kemenag Batang Imbau Ratusan Pelajar Tingkatkan Moderasi Beragama

Batang - Kepala Tata Usaha Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Batang mengimbau kepada ratusan pelajar SMA agar meningkatkan moderasi beragama. Hal ini bertepatan dengan kegiatan pesantren Ramadan di SMAN 1 Subah, Kecamatan Subah Kabupaten Batang, Rabu (5/4/2023).

Batang - Kepala Tata Usaha Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Batang mengimbau kepada ratusan pelajar SMA agar meningkatkan moderasi beragama. Hal ini bertepatan dengan kegiatan pesantren Ramadan di SMAN 1 Subah, Kecamatan Subah Kabupaten Batang, Rabu (5/4/2023).

Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Batang Abdul Wahab mengatakan, bahwa moderasi beragama atau toleransi antar agama dan suku harus ditanamkan dilingkungan pendidikan khususnya kepada para pelajar.

“Indonesia memiliki banyak suku, agama dan bahasa. Kita sebagi umat Islam yang moderat harus bersikap toleran kepada keanekaragaman yang ada. Hal ini sangat penting untuk diterapkan dikalangan pelajar,” jelasnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Subah Saefudin menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk menguatkan mental dan spiritual dalam menjalankan ibadah puasa.

“Kegiatan pesantren Ramadan kali ini sangat istimewa, karena dilaksanakan pada saat bulan puasa. Dimana peserta didik dilatih untuk menahan hawa nafsu. Sehingga nantinya dapat membentuk karakter dan kebiasaan bukti luhur untuk peserta didik di sekolah ini,” terangnya.

Kegiatan ini berlangsung dua hari lamanya. Dimana seluruh warga sekolah turut andil dalam kegiatan, mulai dari peserta didik, guru dan staf atau karyawan lainnya. Tak lupa pula dimeriahkan oleh grup rebana El Fatta SMAN 1 Subah.

Sementara itu, ketua panitia Zaki Zaenul Ibad mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut bertemakan Forming a Multitalented Generation of Islamic Youth (FAMOUS). Dimana dapat menjadikan generasi muda Islami yang multitalenta.

“Adapun tema dari kegiatan ini adalah FAMOUS, dimana kata multitalenta berasal dari 2 suku kata yang digabungkan jadi satu. Multi artinya banyak, lebih dari satu, lebih dari dua. Talenta artinya pembawaan seseorang sejak lahir atau bakat. Multitalenta artinya memiliki banyak bakat,” ungkapnya.

Di dalam tema ini mengharapkan seluruh warga SMAN 1 Subah dapat menjadi generasi muda Islami yang multitalenta, memiliki karakter yang kuat serta siap untuk berkontribusi dalam memajukan umat dan bangsa.

Salah satu peserta pesantren Ramadan Dina Safitri sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dimana dapat meningkatkan iman dan taqwa terhadap Allah SWT. Alhamdulilah acara pesantren Ramadan hari ini berjalan dengan baik dan lancar.

“Saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT,” ujar dia.

Adapun lomba-lomba untuk memeriahkan kegiatan pesantren Ramadan 1444 H kali ini adalah lomba kultum, menyanyi religi, tartil, kaligrafi, cerdas cermat islami dan penampilan busana muslim oleh peserta didik. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)