Home / Berita / Pendidikan dan Latihan / PELATIHAN DISNAKER BATANG UNTUK BENTUK SDM BERKOMPETENSI DAN USAHA MANDIRI

Berita

Pelatihan Disnaker Batang Untuk Bentuk SDM Berkompetensi dan Usaha Mandiri

Batang - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Batang, menggelar acara penutupan program pelatihan berbasis kompetensi dengan anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di Aula Disnaker Batang, Kabupaten Batang, Jumat (31/3/2023).

Batang - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Batang, menggelar acara penutupan program pelatihan berbasis kompetensi dengan anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di Aula Disnaker Batang, Kabupaten Batang, Jumat (31/3/2023).

Dalam pelatihan ini ada 4 kejuruan yang dibuka yakni Desain Grafis Muda, Menjahit Pakaian Dewasa, Pembuatan Roti dan Kue dan Tata Kecantikan diikuti 64 peserta. Masing-masing kejuruan berarti ada 16 peserta.

Sekretaris Disnaker Batang Wahyudi mengatakan, bahwa hari ini pelatihan berdasarkan kompetensi dengan anggaran APBN sudah selesai.

“Pelaksanaan dimulai dari bulan Februari 2023 kemarin hingga ditutup hari ini yang sudah berlangsung 33 hari pelatihannya. Tujuan dengan adanya pelatihan ini untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompetensi dan juga SDM yang pintar berwirausaha mandiri,” jelasnya.

Artinya sembari menyiapkan tenaga kerja bagi Kawasan Industri yang sedang dibangun saat ini di Kabupaten Batang.

“Di waktu yang sama kita harus mempersiapkan usaha mandiri disekitarnya, karena pastinya ke depan banyak masyarakat dari luar datang ke Kabupaten Batang menjadikan kebutuhan pokok meningkat,” terangnya.

Hal ini menjadikan kejuruan yang mengarahnya usaha mandiri harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para peserta pelatihan ini. Justru kebutuhan besar berada disektor usaha mandiri karena pasti masyarakat butuh loundry, makan, pakaian dan mempercantik diri.

Ke depan, lanjut dia, di Kabupaten Batang akan dipadati para pekerja yang ada di Kawasan Industri Terpadu Batang dan beberapa perusahaan lainnya yang berinvestasi disini.

“Tidak sekedar pelatihan semata, tetapi supaya bisa melihat apakah peserta pelatihan benar-benar memahami kompetensi yang diajarkan,” tegasnya.

Hasil pelatihan ini, para peserta lulus semua dan berhasil mendapatkan sertifikasi BNSP modal untuk mereka mendaftar kerja sesuai kompetensinya.

“Untuk peserta pelatihan lainnya menunggu pembukaan lowongan kerja dari perusahaan. Makanya kita minta untuk membuat akun batang career sewaktu-waktu ada lowongan perusahaan yang masuk bisa langsung mendaftar,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)