Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / PERINGATAN HAUL MBAH SURGI, PEMKAB BATANG GELAR KIRAB BENDERA MERAH PUTIH SEPANJANG 650 METER

Berita

Peringatan Haul Mbah Surgi, Pemkab Batang Gelar Kirab Bendera Merah Putih Sepanjang 650 Meter

Batang - Dalam rangka memperingati wafatnya atau Khaul Kiai Hasan Surgi Jatikusumo yang dikenal dengan nama Mbah Surgi, Pemerintah Kabupaten Batang menggelar Kirab Merah Putih dengan membentangkan bendera raksasa sepanjang 650 meter.

Batang - Dalam rangka memperingati wafatnya atau Khaul Kiai Hasan Surgi Jatikusumo yang  dikenal dengan nama Mbah Surgi, Pemerintah Kabupaten Batang menggelar Kirab Merah Putih dengan membentangkan bendera raksasa sepanjang 650 meter.

Peserta Kirab  berjumlah kurang lebih 6.000 orang terdiri dari TNI/Polri, Pelajar, Guru, ASN, tokoh agama dan organisasi masyarakat.

Rute Kirab Merah Putih dimulai dari Rumah Dinas Bupati Batang, menuju Jalan Ahmad Yani, sampai Makam Astana Pasekaran.

“Hari ini masyarakat Kabupaten Batang memperingati Khaul Kiai Hasan Suruh Jatikusumo yang merupakan sosok bersejarah yang telah melawan penjajah Belanda,” kata Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki usai Kirab Merah Putih di Makam Astana Pasekaran, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Minggu (26/2/2023).

Melalui Kirab Merah Putih ini membuka momentum akan semakin mempersatukan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Batang serta semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Pada Kirab Merah Putih pula para pelajar membentangkan bendera Merah Putih raksasa sebagai lambang negara, sekaligus lambang harga diri.

“Sebagai warga yang cinta tanah air kita tidak boleh terpecah belah. Karena kemerdekaan ini diraih dengan perjuangan,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)