Home / Berita / Pendidikan dan Latihan / PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI, DISNAKER BATANG BUKA 4 KEJURUAN

Berita

Pelatihan Berbasis Kompetensi, Disnaker Batang Buka 4 Kejuruan

Batang - Dalam rangka meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Batang, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Batang menggelar pelatihan berbasis kompetensi sumber dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di Aula Disnaker, Kabupaten Batang, Kamis (9/2/2023).

Batang - Dalam rangka meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Batang, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Batang menggelar pelatihan berbasis kompetensi sumber dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBNdi Aula Disnaker, Kabupaten Batang, Kamis (9/2/2023).

Kegiatan pelatihan pada tahap 1 meliputi Kejuruan desainer grafis muda, pembuatan roti dan kue, menjahit pakaian wanita dewasa, serta tata kecantikan.  Masing-masing peserta setiap kejuruan ada 16 peserta dan pelatihan dimulai pada tanggal 9 Februari  hingga 28 Maret 2023.

Kepala Disnaker Batang Suprapto mengatakan, bahwa hari ini dimulai kembali pelatihan yang menggunakan anggaran dana APBN Kabupaten Batang.

“Dalam pelatihan ini kami ingin mencetak wirausaha yang berhasil di bidangnya masing-masing. Melihat kejuruan yang dibuka itu semua mengarah wirausaha mandiri,” jelasnya.

Karena melihat kondisi Kabupaten Batang akan dipenuhi para perantau daerah lain pastinya akan membuka peluang masyarakat lokal membuka usaha seperti roti dan kue yang sering dibutuhkan dalam sehari-hari.

Kalaupun ada yang ingin bekerja dalam pelatihan ini juga tidak apa-apa, tapi harus menyiapkan betul-betul kompetensi yang dimilikinya.

“Saat ini banyaknya masyarakat umur yang produktif, tetapi lapangan pekerjaan yang cukup saja kurang bisa menampung semua,” terangnya.

Apalagi, lanjut dia, lapangan pekerjaan yang mengharuskan memiliki keterampilan tambahan agar bisa masuk disitu. Maka, peserta yang sudah diterima disini harus benar-benar fokus mengikuti pelatihan jangan sampai tidak masuk nanti nilainya dikurangi.

“Karena mereka pada pendaftaran saja sudah menyingkirkan 360 orang jadi masuk dalam pelatihan harus belajar sungguh-sungguh,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)