Home / Berita / Sosial / KALAPAS EKS KARESIDENAN PEKALONGAN BERADU MASAK SAYUR LODEH

Berita

Kalapas Eks Karesidenan Pekalongan Beradu Masak Sayur Lodeh

Batang Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Batang menggelar lomba memasak yang diikuti Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengayoman Eks Karesidenan Pekalongan. Lomba diikuti Kepala Lapas, Rutan, Rupbasan dan Bapas se-Eks Karesidenan Pekalongan.

Batang Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Batang menggelar lomba memasak yang diikuti Unit  Pelaksana Teknis (UPT) Pengayoman Eks Karesidenan Pekalongan. Lomba diikuti Kepala Lapas, Rutan, Rupbasan dan Bapas se-Eks Karesidenan Pekalongan.

Kepala Lapas Kelas IIB Batang Rindra Wardhana menyampaikan, kegiatan tersebut terinspirasi untuk meningkatkan pemahaman terhadap tugas dan fungsi dalam pelayanan di bidang makanan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Menu yang diperlombakan yakni sayur lodeh, karena merupakan salah satu dari menu 10 hari di Lapas dan Rutan. Masakannya memang cuma satu jenis, tapi untuk kreativitas kami bebaskan,” katanya, usai mengikuti Lomba Memasak Sayur Lodeh, di Kedai Kopi De Blado, Desa Besani, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Kamis (15/12/2022).

Ia menerangkan, ada beberapa kriteria yang dinilai. Yakni kekompakan, kerapian, kebersihan dan rasa.

Ketua Paguyuban Ibu-ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Jawa Tengah, sekaligus dewan juri, Rita Supriyanto mengatakan, kemampuan memasak para bapak ini memang beragam. Hal itu termasuk wajar karena di tengah kesibukannya membina para WBP, masih menyempatkan waktu untuk memasak menu yang setiap hari dikonsumsi warga binaannya.

“Rasanya ya lumayan lah, saya memakluminya karena yang memasak bapak-bapak, tapi tadi ada satu yang rasanya pas luar biasa, kalau lainnya mendekati. Walaupun saya bukan asli Jawa, tapi saya sudah sering merasakan masakan lodeh dari ibu mertua,” jelasnya.

Dipilihnya sayur lodeh itu sesuai keinginan peserta. Lagi pula sayur tersebut memang masakan khas Jawa.

“Buat saya sayur lodeh itu rasanya segar. Tiap kali saya pulang ke ibu mertua, saya mintanya sayur lodeh,” ujar dia.

Berdasarkan penilaian dewan juri juara 1 diraih oleh Rutan Pekalongan, juara 2 diraih oleh Rupbasan Pekalongan dan juara 3 Lapas Brebes. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)