Home / Berita / Sosial / NAIKNYA TINGKAT PENGANGGURAN, DISNAKER BATANG BUKA PELATIHAN DBHCHT TAHAP KEDUA

Berita

Naiknya Tingkat Pengangguran, Disnaker Batang Buka Pelatihan DBHCHT Tahap Kedua

Batang - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Batang menggelar pelatihan keterampilan berdasarkan unit kompetensi dengan sumber dana DBHCHT tahap kedua tahun 2022 di Aula Disnaker Kabupaten Batang, Selasa (8/11/2022).

Batang - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Batang menggelar pelatihan keterampilan berdasarkan unit kompetensi dengan sumber dana DBHCHT tahap kedua tahun 2022 di Aula Disnaker Kabupaten Batang, Selasa (8/11/2022).

Kepala Disnaker Batang Suprapto mengatakan, pelatihan dari dana DBHCHT rutin kita lakukan setiap tahunnya. Dengan kejuruan kepelatihan yakni tata kecantikan, tata boga dan menjahit.

“Peserta yang mengikuti pelatihan ini diutamakan keluarga pekerja rokok dan petani tembakau. Baru jika kekurangan bisa dibuka untuk masyarakat umum,” jelasnya.

Permasalahan tenaga kerja di Kabupaten Batang masih banyaknya tingkat pengangguran,  pada tahun 2021 ada 59% dan naik pada tahun 2022 perbulan Agustus ini ada 64%.

Masalah naiknya tingkat pengangguran terjadi disebabkan faktor informal selain adanya dampak Pandemi Covid-19.

“Adanya faktor informal yang menyumbang banyak angka pengangguran mungkin kondisi ekonomi mereka yang kurang mampu atau masyarakat yang merantau kembali ke Kabupaten Batang tidak mempunyai pekerjaan,” terangnya.

Sehingga, lanjut dia, ke depan pelatihan seperti ini sangat berguna untuk menambah kompetensi masyarakat agar mau membuka peluang usaha sendiri.

Jangan sampai masyarakat luar Kabupaten Batang, malahan yang sukses membuka peluang usaha disini.

“Semoga pelatihan kali ini salah satu kebijakan Disnaker Kabupaten Batang untuk meraih strategi mendapatkan kompetensi agar mempunyai peluang usaha yang besar,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Batang Elisyatun Muslimah menambahkan, pelaksanaan pelatihan dimulai dari tanggal 8 November hingga 24 Desember 2022, dengan jumlah peserta 48 orang.

“Pelatihan ini sangat efektif untuk mendalami kemampuan, dalam pelatihan materi teori dan praktik diberikan dengan komposisi lebih banyak praktik,” ujar dia.

Ia berharap, semua peserta mempraktikkan materi yang diberikan oleh instuktur. Sehingga usai pelatihan berakhir, seluruhnya bisa menguasai kemampuan atau keterampilan yang ditentukan. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)