Home / Berita / Ekonomi / BPR BAPERA BATANG TARGETKAN 2.000 TABUNGAN SIMPEL UNTUK SISWA-SISWI SEKOLAH

Berita

BPR Bapera Batang Targetkan 2.000 Tabungan Simpel Untuk Siswa-Siswi Sekolah

Batang - Untuk memperluas akses keuangan bagi kalangan pelajar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengembangkan produk Simpanan pelajar (Simpel) sejalan dengan program Pemerintah sesuai Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Batang -Untuk memperluas akses keuangan bagi kalangan pelajar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengembangkan produk Simpanan pelajar (Simpel) sejalan dengan program Pemerintah sesuai Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Hari ini di Kabupaten Batang pertama kali meresmikan program tabungan Simpel dari OJK melalui BPR Bank Pemberdayaan ekonomi rakyat (Bapera) Kabupaten Batang yang salah satu yang ditunjuk secara langsung.

Direktur PT. Bapera Kabupaten Batang Aji Setya Budi mengatakan, bahwa peresmian tabungan simpel dalam rangka menindaklanjuti program dari OJK yang menginginkan adanya tabungan pelajar satu rekening untuk satu pelajar.

“Sehingga kemarin kita sikapi hasil dari diskusi pada waktu diundang oleh OJK perwakilan Tegal dan Daerah Istimewa Yogyakarta di Guci membahas untuk sekolah yang ada di Kabupaten Batang agar bisa membuka tabungan pelajar,” katanya saat ditemui di SDN Proyonanggan 9, Kabupaten Batang, Kamis (14/7/2022).

Dijelaskannya, hari ini BPR Bapera Kabupaten Batang bergerak langsung ke SDN Proyonanggan Tengah untuk membuatkan para siswa-siswi tabungan Simpel sebanyak 350 tabungan. Ada sekitar 50 tabungan Simpel yang belum jadi, sehingga akan menyusul karena ternyata melihat minat siswa-siswi disini gemar menabung.

BPR Bapera Kabupaten Batang sendiri menargetkan pada sesi awal ada 2.000 siswa-siswi yang mendapatkan tabungan Simpel.

“Kita sangat optimis bisa mencapai target yang diinginkan, melihat sudah ada 6 sekolah yang bekerjasama dengan BPR Bapera Batang menjadi pilot project salah satunya yaitu SDN Proyonanggan 9 Kabupaten Batang,” ungkapnya.

Kalau target ini bisa memenuhi dalam waktu dekat, kita akan menambah kembali target keseluruhan sebanyak 10.000 siswa-siswa yang mendapatkan tabungan Simpel.

Tabungan Simpel, lanjut dia, diberikan kepada siswa-siswi bertujuan untuk memberikan literasi tentang produk-produk perbankan terutama tabungan yang bisa memberikan edukasi agar siswa-siswi ini gemar menabung sejak dini.

Siswa-siswi ini yang sudah mempunyai tabungan Simpel bebas menabung berapapun kita terima misal mau menabung seminggu sekali Rp2.000,00 atau Rp5.000,00 juga boleh. Nanti dari pihak BPR Bapera akan datang ke sekolah-sekolah, jadi siswa-siswi tidak harus ke kantor.

“Bahkan BPR Bapera Kabupaten Batang memberikan saldo awal Rp5.000,00 untuk 2.000 siswa-siswi yang mempunyai tabungan Simpel awal. Hal ini bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial kita untuk mengedukasi siswa pentingnya menabung untuk kebutuhan mereka kedepan,” tegasnya.

Sementara itu, Salah Satu Siswi SDN Proyonanggan 9 Kabupaten Batang Afna Sekar Wulan mengatakan, sangat senang menabung untuk mengumpulkan uang yang nanti bisa buat membeli peralatan sekolah.

“Hari ini saya menabung Rp10.000,00 yang memang sudah kebiasaan tiap seminggu sekali menabung. Uang yang biasa ditabungkan berasal dari uang saku dikumpulkan setiap hari dari sisa uang jajan,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)