Home / Berita / Sosial / DIVISI PEMASYARAKATAN GELEDAH RUTAN BATANG

Berita

Divisi Pemasyarakatan Geledah Rutan Batang

Batang - Rutan Kelas IIB Batang tiba-tiba di geledah oleh Tim dari Divisi pemasyarakatan (Divpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Senin (8/11/2021).

Batang - Rutan Kelas IIB Batang tiba-tiba di geledah oleh Tim dari Divisi pemasyarakatan (Divpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Senin (8/11/2021).

Tim menggeledah kamar hunian dengan memeriksa barang dan badan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). para WBP diminta keluar dari kamar mereka. Satu per satu WBP diperiksa badannya. setelah itu tim masuk ke kamar untuk menggeledah kamar dan barang bawaan. Tidak itu saja, WBP yang menjadi pekerja (tamping) juga dites urine.

Tak cukup disitu, petugas Rutan Batangpun tak luput ikut dites urine. Selain menggeledah blok hunian WBP Tim juga mengecek dapur Rutan Batang. Tim mengecek makan sore yang akan dibagikan hari itu. Tim juga mengecek pengiriman baahan makanan dan tempat penyimpanannya.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Fanny Yusuf Irawan, menjelaskan hasil penggeledahan kamar hunian oleh Tim Satops Patnal Divpas nihil.

“Hasil penggeledahan tidak ditemukan barang terlarang. Hasil tes urine WBP dan petugas semuanya negatif. Hasil tersebut menunjukkan Rutan Batang masih komitmen dan konsisten dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta dalam pemberantasan peredaran gelap narkoba dalam rutan,” jelasnya.

Ini munjukkan komitmen kami dalam konsistensi penegakkan aturan di Rutan Batang. 

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka.KPR) Dhoni Arib Setiawan menjelaskan kedatangan Tim dari Divpas adalah dalam rangka pembinaan dan deteksi dini dari Kanwil kepada UPT.

“Kegiatan Satopspatnal dari Kanwil kemarin sebagai salah satu bentuk pembinaan dan deteksi dini dari Kanwil kepada UPT dilingkungan Kanwil Jawa Tengah. Kegiatan tersebut meliputi pemeriksaan di pelayanan tahanan, pengelolaan dan kesatuan pengamanan untuk memastikan sesuai dengan SOP dan tidak menyalahi aturan yang berlaku,” terangnya.

Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, Keamanan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah Kusbiyantoro menjelaskan, maksud kedatangan Tim nya dalam rangka melaksanakan kegiatan Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal).

Iapun mengapresiasi Rutan Batang yang tetap komitmen bebas narkoba.

“Pertahanankan apa yang sudah baik di rutan batang baik kebersihan maupun zero halinar. Selain melaksanakan kegiatan Satops Patnal di Rutan Batang, pihaknya juga melaksanakan kegiatan serupa di Lapas Kelas IIA Kendal, Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal, Lapas Pemuda Kelas IIB Plantungan,” tegasnya.

Ikut pula dalam rombongan tim, Kepala Subbidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan, dan Rehabilitasi Slamet Wiryono, Kepala Subbidang Bimbingan dan Pengentasan Anak Sutriman dan beberapa anggota Satops Patnal Kanwil. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)