Home / Berita / Sosial / WBP RUTAN BATANG NONTON YOUTUBE UNTUK MENAMBAH KETERAMPILAN

Berita

WBP Rutan Batang Nonton Youtube untuk Menambah Keterampilan

Batang - Rutan Batang memberikan kesempatan secara maksimal kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) meningkatkan keterampilan berwirausaha dengan menonton beragan pelatihan melalui media youtube.

Batang - Rutan Batang memberikan kesempatan secara maksimal kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) meningkatkan keterampilan berwirausaha dengan menonton beragan pelatihan melalui media youtube.

Hal itu dilakukan secara berkelanjutan, agar kompetensi yang dimiliki semakin optimal, sehingga dapat digunakan untuk membuka lapangan kerja setelah memperoleh kebebasan dan kembali ke lingkungan masyarakat.

“Mereka dengan serius melihat video di tempat yang biasa digunakan untuk sidang online. Video yang ditonton tentang kerajinan pembuatan aneka pot dari sabut kelapa,” kata Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana di Rutan Kelas IIB, Kabupaten Batang, Jumat (15/1/2021).

WBP perlu mendapat informasi khususnya terkait pengetahuan wirausaha. Selain bisa didapat dari buku-buku perpustakaan juga bisa didapat dari dunia maya.

Apalagi buku-buku yang ada di perpustakaan Rutan Batang terbatas jumlah dan jenisnya sehingga perlu media lain dalam memperkaya pengetahuan WBP.

“Kami sengaja memberi kesempatan kepada WBP untuk mencari informasi tentang berbagai jenis usaha dan ketrampilan lewat internet tentunya dengan pengawasan petugas,” tuturnya.

Rindra mencontohkan dengan melihat lewat internet, WBP bisa mendapatkan ide lebih banyak dalam keterampilan seperti aneka model pot dengan bahan sabut kelapa.

“Dengan melihat youtube banyak ide yang akan didapat, sehingga produksi pot juga bisa semakin bervariasi modelnya,” katanya.

WBP perempuan juga tak mau kalah dengan memproduksi peci rajut. Mereka pun diberi kesempatan yang sama untuk menonton video aneka kerajinan rajut via internet.

Selain produksi pot bunga sabut kelapa dan peci rajut, saat ini Rutan Batang juga memproduksi keset, pupuk organik, keranjang dan budidaya bermacam tanaman dan sayuran.

Rutan Batang memang saat ini sedang gencar melaksanakan kegiatan bimbingan kemandirian kepada WBP, apalagi setelah disetujuinya Rutan Batang naik kelas menjadi Lapas tentunya kegiatan bimbingan kemandirian akan semakin dibutuhkan.

Rindra pun mengaku tidak ragu mencoba hal baru seperti yang pernah dilakukan yaitu produksi puding berbahan lidah buaya. Selain itu, Rutan Batang juga sedang mengembangkan budidaya cacing tanah yang telah panen beberapa waktu lalu dengan hasil yang cukup memuaskan.

Rindra menjelaskan ide-ide usaha tersebut banyak terinspirasi dari dunia maya. Harapannya, dengan semakin bervariasinya ketrampilan WBP semakin banyak peluang usaha yang akan mereke temukan selepas bebas nanti. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)