Home / Berita / Kesehatan / PRA JUMBARA, RATUSAN PEMBINA PMR DI BATANG DIGEMBLENG KEPALANGMERAHAN

Berita

Pra Jumbara, Ratusan Pembina PMR di Batang Digembleng Kepalangmerahan

Batang - Pembina Palang Merah Remaja (PMR) Mula tingkat SD/MI se-Kabupaten Batang, mendapatkan pelatihan penyegaran kepalangmerahan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang. 

Adapun pelatihan diberikan untuk merefresh kemampuan dan pengetahuan para pembina PMR dimasing-masing pangkalan. 

"Pelatihan tersebut juga bertujuan untuk memberikan informasi selengkap-lengkapnya kepada pembina PMR Mula terkait kegiatan Jumbara (Jumpa Bakti Gembira) tingkat PMR Mula,  Insya Allah bakal dihelat PMI Batang pada Oktober 2019 mendatang," ujar Ketua PMI Batang Achmad Taufiq melalui Wakil ketua III Pengurus PMI, Sri Mulyatno, selepas membuka kegiatan pelatihan di Aula PMI Kabupaten Batang, Selasa (30/7/2019).

Ia menambahkan total pembina PMR Mula yang dilibatkan sebanyak 160 orang, agar pelatihan berjalan efektif, kegiatan tersebut dibagi menjadi empat wilayah. 

“Pertama mencakup Kecamatan Batang, Kandeman, Tulis, dan Warungasem, bertempat di Kantor PMI Batang, yang dilaksanakan 30 Juli sampai 31 Juli. Kedua meliputi Kecamatan Bandar, Wonotunggal, dan Blado bertempat di kantor Korwil Biddik Kecamatan Bandar, dihelat pada 31 Juli hingga 1 Agustus,” terangnya.

Ketiga, lanjutnya, mencakup wilayah Kecamatan Subah, Pecalungan, Banyuputih, dan Gringsing. Bertempat di Kantor Korwil Biddik Kecamatan Subah, dilaksanakan pada 6 sampai 7 Agustus. Terakhir di gelar di Kantor Korwil Bidik Limpung, peserta dari pembina PMR Mula wilayah Kecamatan Limpung, Bawang Tersono dan Reban, pada 7 sampai 8 Agustus.

"Untuk pemberian Pelatihan penyegaran kepada pembina PMR Mula memang kita harus detailkan karena ditingkat SD/MI di Batang belum ada ekstrakurikuler PMR sehingga ketika akan menghadapi Jumbara, banyak hal yang perlu digali kembali," ujarnya. 

Dijelaskan, setelah pelatihan penyegaran para Pembina PMR Mula akan dipertemukan kembali pada kegiatan Tehnikal Meeting sebelum kegiatan Jumbara. 

"Target kita sebanyak 60 kontingen dapat berpartisipasi dalam Jumbara PMR Mula yang rencana berlokasi di Desa Rejosari Barat Kecamatan Tersono," katanya.

Masih dikatakan Sri, pembinaan atau kaderisasi palang merah remaja terus digalangkan oleh PMI Kabupaten Batang. Setiap dua tahun sekali, PMI Batang rutin menggelar Jumbara dari tingkat Mula, Madya dan Wira. 

"PMI Batang pada tahun 2018 telah sukses menggelar Jumbara Madya dan Wira, harapannya Jumbara Mula juga sukses digelar, agar pembinaan PMR di Batang bisa berjalan dengan baik," tukas Kepala Sekolah SMP N 2 Warungasem ini. 

Sementara, Pembina PMR Mula MI Lawangaji, Nurul Fadilah mengatakan kegiatan penyegaran bagi pembina sangat bermanfaat karena melalui kegiatan tersebut, mendapat informasi sekaligus gambaran yang jelas mengenai pelaksaan Jumbara PMR Mula yang bakal digelar PMI Batang. 

"Kita juga meng-update kembali pengetahuan kepalangmerahan yang bisa menjadi bekal dalam menyampaikan materi kepada siswa," pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri)