Home / Berita / Ekonomi / TINGKATKAN PRODUKSI TERNAK, DISLUTKANAK ADAKAN DIKLAT TEKNIS KESEHATAN HEWAN

Berita

Tingkatkan Produksi Ternak, Dislutkanak Adakan Diklat Teknis Kesehatan Hewan

Guna meningkatkan profesional keterampilan Petugas Kesehatan Hewan, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Kabupaten Batang mengadakan kegiatan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia melalui Diklat Teknis Kesehatan Hewan Bagi Petugas di gedung PMI Batang, Senin (5/6).

Perwakilan dari Balai Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara Bogor, drh. Sri Gationo menyampaikan bahwa diklat ini sengaja diadakan supaya pelatihan kesehatan hewan ini mempunyai hasil yang nyata pada saat praktik dan untuk meningkatkan kompetensi. "Terutama untuk mendapatkan sertifikat resmi demi menunjang legalitas dan harapannya kedepan kerjasama ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan," terangnya.

Kepala Dislutkanak Kabupaten Batang Achmad Taufik saat memberikan sambutan juga menekankan supaya peternak bersertifikat. “Beberapa waktu lalu kami mengadakan pelatihan bagi peternak ikan. Setelah mereka bersertifikat, maka harga jual ikan semakin mahal dibandingkan dengan peternak yang tidak bersertifikat. Itu jelas bahwa sekarang sertifikat bagi peternak maupun petugas kesehatan hewan sangat penting,” kata Taufik.

Taufik menambahkan, kebutuhan daging saat ini mencapai 647 ribu ton akan tetapi baru terpenuhi 471 ribu ton. Permasalah kesehatan hewan menjadi salah satu faktor agar produksi ternak tidak menurun. Selain itu, ancaman populasi akibat rendahnya angka kelahiran, tingginya angka kematian dan terjadinya wabah penyakit wabah penyakit hewan menular juga dapat mempengaruhi produksi ternak. Diklat ini diharapkan dapat meningkatkan produksi ternak di Batang.

Dalam kegiatan bintek ini juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Jawa Tengah. (Heri/McBatang)