Home / Berita / Stabilisasi Harga Bahan Pangan / JELANG LEBARAN, HARGA CABAI MULAI TAK STABIL

Berita

Jelang Lebaran, Harga Cabai Mulai Tak Stabil

Batang - Harga sayur atau bumbu dapur mulai kembali tidak stabil di pasar tradisional. Terutama berbagai jenis cabai yang harganya kembali mulai merangkak naik, secara signifikan.

Batang - Harga sayur atau bumbu dapur mulai kembali tidak stabil di pasar tradisional. Terutama berbagai jenis cabai yang harganya kembali mulai merangkak naik, secara signifikan.

Pedagang sayuran Susyanto mengatakan, harga cabai beberapa pekan lalu memang sempat normal, yakni Rp35 ribu untuk cabai merah keriting dan Rp30 ribu untuk rawit merah. Namun harga kembali mengalami kenaikan antara Rp2 ribu hingga Rp7 ribu per kilogramnya sejak awal pekan ini.

“Harga cabai rawit hijau pun mulai ikut merangkak, dari semula Rp25 ribu kini menjadi Rp27 ribu. Demikian pula dengan cabai merah besar yang naik Rp5 ribu dari semula Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogramnya,” terangnya, saat ditemui di kios Pasar Batang, Kabupaten Batang, Rabu (27/3/2024).

Untuk jenis sayuran yang ikut merangkak naik yakni tomat yang semula Rp20 ribu kini merangkak naik jadi Rp22 ribu. Dan diperkirakan menjelang lebaran akan mengalami kenaikan hingga Rp26 ribu per kilogramnya.

“Jenis sayuran yang masih stabil yakni kentang dan bawang merah di angka Rp 20 ribu per kilogramnya. Bawang putih stabil di angka Rp39 ribu per kilogramnya,” jelasnya.

Sedangkan harga beras sudah mulai menunjukkan penurunan harga dari semula Rp16 ribu sampai Rp17 ribu kini menjadi Rp15 ribu.

Kendati demikian, Royanah sebagai pedagang beras mengeluhkan karena beras SPHP tidak didistribusikan lagi.

“Sekarang masih stabil, tapi akan sedikit mengalami kenaikan sepekan jelang lebaran,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)