Home / Berita / Pendidikan dan Latihan / SMPN 2 BANDAR BERKOLABORASI DENGAN MAHASISWA MENGAJAR UNTUK PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI

Berita

SMPN 2 Bandar Berkolaborasi dengan Mahasiswa Mengajar untuk Peningkatan Literasi dan Numerasi

Batang - SMP Negeri 2 Bandar Kabupaten Batang telah menjadi target dari Program Kampus Mengajar yang melibatkan lima mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, termasuk UNNES, UNISS, dan UNISVET.

Batang - SMP Negeri 2 Bandar Kabupaten Batang telah menjadi target dari Program Kampus Mengajar yang melibatkan lima mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, termasuk UNNES, UNISS, dan UNISVET.

Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Para mahasiswa yang terlibat berasal dari berbagai jurusan, seperti Pendidikan Matematika, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Psikologi, dan Teknik Mesin.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) UNWAHAS Semarang Ersila Devy Rinjani menjelaskan bahwa, tujuan utama dari Program Kampus Mengajar ini adalah untuk meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah dengan menjadi mitra bagi para guru dalam proses pembelajaran.

“Mahasiswa yang terlibat dalam program ini telah melalui proses seleksi dan ditempatkan sesuai dengan domisili mereka. Mereka akan menerima 20 SKS sebagai pengakuan atas kontribusi mereka dalam penugasan ini,” katanya saat seremonial penyambutan mahasiswa di Laboratorium IPA SMPN 2 Bandar, Kabupaten Batang, Selasa (20/2/2024).

Ersila menekankan bahwa, Program Kampus Mengajar juga akan memberikan kontribusi nyata dalam sektor pendidikan.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi, numerasi, pencegahan masalah-masalah serius dalam pendidikan, dan manajemen sekolah. Selama penugasan mereka nanti, mahasiswa akan bekerja sama dengan para guru dalam proses pembelajaran di sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Bandar Dinok Sudiami menyampaikan, apresiasi dan kebanggaannya karena sekolahnya dipilih untuk berkolaborasi dalam Program Kampus Mengajar angkatan ke-7 ini.

Menurutnya, program ini akan memberikan manfaat yang besar bagi sekolah, para guru, dan para siswa.

“Kami berharap melalui Program Kampus Mengajar, kualitas pembelajaran di SMP Negeri 2 Bandar akan meningkat, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada hasil pendidikan di sekolah kami,” ujar dia.

Program ini berlangsung selama satu semester, mulai dari tanggal 15 Februari hingga 12 Juni 2024. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)