Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / ADANYA KEMUNDURAN JADWAL DISTRIBUSI, PJ BUPATI BATANG CEK LANGSUNG KESIAPAN TPS

Berita

Adanya Kemunduran Jadwal Distribusi, Pj Bupati Batang Cek Langsung Kesiapan TPS

Batang - Pendistribusian logistik pemungutan suara Pemilu 2024 dari tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) diundur dari tanggal 12 menjadi 13 Februari 2024.

Batang - Pendistribusian logistik pemungutan suara Pemilu 2024 dari tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) diundur dari tanggal 12 menjadi 13 Februari 2024.

“Hari ini melakukan pengecekan secara langsung terkait kesiapan logistik menjelang pemungutan suara Pemilu 2024. Hal ini dilakukan guna memastikan kesiapan dan juga kelancaran pemungutan suara,’ kata Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, saat ditemui di Balai Desa Kalisalak, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Senin (12/2/2024).

Laporan dari KPU Batang untuk distribusi dari PPK ke PPS atau dari kecamatan ke desa diundur sehari atas masukan dari Kapolres dan Dandim.

Ia meyebutkan, sesuai jadwal awal, distribusi dari PPK ke PPS akan dilakukan pada 12 Februari 2024. Selanjutnya dari PPS ke TPS dilakukan pada 13 Februari 2024.

“Dengan adanya perubahan jadwal tersebut, maka nantinya logistik pemilihan dari PPK dikirim ke PPS dan langsung ke TPS pada hari itu juga. Langkah tersebut dilakukan dengan pertimbangan pengamanan distribusi dan juga penyimpanan logistik hingga digunakan untuk pemungutan suara,” jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, untuk distribusi logistik pemungutan suara mulai dari PPK ke PPS hingga TPS akan mendapat pengawalan dari petugas dari Polres Batang. Termasuk saat berada di TPS sebelum digunakan saat pemungutan suara.

“Pengunduran jadwal distribusi sendiri tidak melanggar ketentuan atau jadwal yang telah ditentukan, karena H-1 sudah tiba di TPS. Dan terkait distribusi hingga penyimpanan, kita sudah menginstruksikan ke PPK untuk berkoordinasi dengan Panwascam dan juga pihak kepolisian serta Koramil setempat,” terangnya.

Logistik saat ini sudah lengkap semuanya. Sedangkan untuk surat suara yang rusak, akan dimusnahkan dengan cara dibakar di gudang KPU pada 13 Februari 2024 dengan disaksikan sejumlah pihak terkait.

Ia juga melakukan pengecekan secara langsung distribusi logistik yang ada di PPK disejumlah kecamatan.

“Seluruh tahapan persiapan sudah siap semha, termasuk distribusi logistik. Dan semoga pelaksanaan pemungutan suara pemilu di Kabupaten Batang bisa lancar tanpa ada kendala,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Roza/Siska)