Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / PJ BUPATI BATANG SIDAK KESIAPAN PEMILU 2024 KE KPU

Berita

Pj Bupati Batang Sidak Kesiapan Pemilu 2024 ke KPU

Batang - Pejabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki melakukan Inspeksi mendadak (sidak) kesiapan dalam rangka menyukseskan jalannya pemilu 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batang, Kabupaten Batang, Senin (12/2/2024).

BatangPejabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki melakukan Inspeksi mendadak (sidak) dalam rangka kesiapan Komisi Pemiluhan Umum (KPU) menyukseskan jalannya pemilu 2024 di Kantor KPU Batang, Kabupaten Batang, Senin (12/2/2024).

Pj Bupati batang mempertanyakan sejauh mana tahapan persiapan Pemilu 2024 di Kabupaten Batang termasuk kendala-kendalanya.

“Saya ingin meninjau secara mendadak saja. Apakah semua tahapan sudah dilakukan dan menanyakan adakah kendala dialami,” jelasnya.

Laporan dari Ketua KPU Batang Susanto Waluyo pelaksanaan tahapan sudah dilakukan semuanya secara terjadwal mulai dari logistik dan persiapan pendistribusian besok.

Lani menyebutkan bahwa, ada beberapa kendala seperti  Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang rawan terkena banjir seperti Desa Klidang Lor. Makanya, harus ada antisipasi dari KPU untuk menyiapkan lokasi cadangan.

“Selain itu, untuk surat suara yang rusak waktu pemusnahan dengan dibakar, harus ada saksinya jangan sampai tidak ada dan surat suara yang rusak sudah ada penggantinya,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Batang Susanto Waluyo menyampaikan, bahwa pendistribusian logistik ke masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) atau kecamatan sudah dilaksanakan dan pihaknya pun memantau proses distribusi ke PPK.

“Kecuali Kecamatan Batang dan Kandeman, itu distribusinya langsung dari Gudang KPU,” ungkapnya.

Dijelaskannya, distribusi logistik dari PPK ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) itu tanggal 12 Februari 2024. Namun ditunda pada 13 Februari 2024, sekaligus penyaluran dari PPS ke TPS.

“Hal itu berkaitan dengan pengawalan dari aparat penegak hukum. Distribusi logistik akan dilakukan usai apel dari Polres Batang. Ada beberapa rusak dan akan dimusnahkan pada tanggal 12 Februari 2024,” terangnya.

Ia juga mengatakan bahwa, besok sore akan kami musnahkan di Gudang KPU Batang. Lalu terkait dengan cuaca, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD. Lalu juga dengan PPK Kecamatan Batang untuk antisipasi jika terjadi hujan deras hingga banjir.

Pihak PPK, lanjut dia, sudah siap tempat pencoblosan alternatif lokasi cadangan jika hal itu terjadi. Meskipun, kejadian seperti banjir pada waktu pencoblosan, dan mudah-mudahan tidak terjadi.

“Untuk distribusi anggaran sudah disiapkan ke rekening di masing-masing penyelenggara PPK, pada siang ini.  Agar tidak terhambat dalam pembuatan TPS dan persiapan lainnya,” ujar dia. (MC Batang, Jateng,Roza/Jumadi)