Home / Berita / Lingkungan / PEMKAB BATANG BERGERAK CEPAT TANGANI BENCANA LONGSOR DI DESA GERLANG

Berita

Pemkab Batang Bergerak Cepat Tangani Bencana Longsor di Desa Gerlang

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang bergerak cepat dalam menangani bencana longsor di Dukuh Gunung Alang, Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang yang terjadi Jumat (19/1/2024) lalu.

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang bergerak cepat dalam menangani bencana longsor di Dukuh Gunung Alang, Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang yang terjadi Jumat (19/1/2024) lalu.

“Pemkab Batang melalui Muspika Blado dan Kades mengevakuasi dengan baik, langsung membersihkan jalan utama yang tertimbun tanah longsor,” kata Pelaksana harian (Plh) Camat Blado Sutarno saat ditemui di Kantor Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Rabu (24/1/2024).

Penyebab tanah longsor disebabkan hujan deras selama tiga hari, karena cuaca memang ekstrem ditambah angin kencang.

“Muspika Blado meninjau pada 20 Januari 2024 siang untuk memastikan area terdampak bisa segera ditangani dan langsung melakukan pembersihan jalan sementara, agar dapat dilewati kendaraan motor yang dilakukan oleh BPBD Batang, Muspika dan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Pada 23 Januari 2024 sempat ada tanah longsor susulan, tetapi tidak begitu parah seperti yang pertama kali.

Ia meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan akan potensi bencana susulan, karena hujan deras masih sering terjadi disana.

“Hari ini kita sudah berkoordinasi dengan DPUPR Batang untuk meminjam satu excavator agar dapat segera membersihkan tanah yang menutup jalan utama seluruhnya menuju Dukuh Gunung Alang,” terangnya.

Kemudian, lanjut dia, BPBD dan instansi terkait masih terus monitoring titik-titik rawan bencana di sekitar Desa Gerlang.

“Pada tanah longsor kemarin juga ada beberapa atap rumah banyak yang ambruk disebabkan angin kencang. Alhamdulillah, sudah mendapat bantuan dari Baznas,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)