Home / Berita / Sosial / PMI BATANG KEBUT RTLH DI 15 KECAMATAN DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN

Berita

PMI Batang Kebut RTLH di 15 Kecamatan dalam Menanggulangi Kemiskinan

Batang - Sejak lima tahun ke belakang Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang menggalakkan program bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Batang - Sejak lima tahun ke belakang Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang menggalakkan program bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Program bedah rumah yang dilakukan PMI Kabupaten Batang merupakan kegiatan ekspansi kegiatan sosial yang sangat membantu pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan.

“Program bedah rumah sudah menyasar di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Batang, dengan total kurang lebih 23 rumah yang sudah direhab,” kata Ketua PMI Batang Achmad Taufiq saat ditemui di Kantor PMI Batang, Kabupaten Batang, Jumat (8/12/2023).

Permintaan dari masyarakat makin banyak, karena program ini sangat efektif, ketika RTLH ini digarap oleh PMI, semua komponen seperti anggota Polsek, Koramil, Warga sekitar dan relawan PMI bekerja sama untuk membantu, sehingga makin ringan dan mempercepat proses bedah rumah,” jelasnya.

Pra-program bantuan RTLH pihak PMI menyiapkan bantuan dana sebesar Rp12,5 juta untuk tiap rumah.

“Setiap kecamatan bisa mengajukan dua bahkan lebih untuk yang perlu dilakukan bedah rumah,” terangnya.

Masyarakat merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan dari PMI Batang. Misalnya, Abdul Ghofar, Warga Desa Masin, Kecamatan Warungasem itu mengatakan, rumahnya dulu sering bocor saat hujan. Atapnya pun juga sudah roboh, Selain itu, atap dan kayu juga sudah sangat rapuh sehingga ia khawatir saat hujan.

“Alhamdulillah dengan bantuan ini, ketika hujan saya tidak merasa khawatir, tidak takut roboh dan atap sudah tidak bocor lagi,” ungkapnya. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)