Home / Berita / Pemerintahan / HUT KE-24, DWP BATANG SIAP MENJADI SISTEM DUKUNG PEMERINTAH

Berita

HUT Ke-24, DWP Batang Siap Menjadi Sistem Dukung Pemerintah

Batang - Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Batang mengadakan Peringatan HUT DWP Ke-24 di Aula Bupati Batang, Kabupaten Batang, Kamis (7/12/2023).

Batang - Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Batang mengadakan Peringatan HUT DWP Ke-24 di Aula Bupati Batang, Kabupaten Batang, Kamis (7/12/2023).

Kegiatan ini mengangkat tema “Peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan” yang dihadiri oleh Penjabat (Pj) Sekda Batang Ari Yudianto.

Ketua DWP Batang Yustika Handy Hakim sangat berharap, DWP akan menjadi sistem dukung pemerintah, para bapak, keluarga, anak-anak dan lingkungan sekitar, mudah-mudahan di ulang tahun yang Ke-24 tahun ini yang sudah dewasa, semoga bisa menjadi lebih dewasa dan senantiasa menjadi organisasi yang bermanfaat, kemudian bisa membantu program Pemerintah Daerah Kabupaten Batang.

“Oleh karena itu sebagai bagian penting dalam pembangunan berkelanjutan sudah sepatutnya kita sebagai perempuan selalu bergerak dengan penuh semangat seperti yang selama ini kita lakukan bersama organisasi yang kita cintai,” jelasnya.

Besar harapan saya agar organisasi ini yang harus menjadi rumah bagi kita semua sekaligus menjadi pilar penting dalam menguatkan peranan perempuan Indonesia sebagai rumah organisasi ini terus menjadi ruang yang aman bagi seluruh anggotanya untuk saling mendukung satu sama lain, sehingga potensi masing-masing anggota dapat berkembang secara optimal sebagai pilar pembangunan ibu-ibu pengurus dan anggota Dharma Wanita.

“Ini merupakan kekuatan yang luar biasa dalam membangun keluarga, masyarakat dan bangsa bersama-sama kita senantiasa memberikan kontribusi yang bermakna dalam berbagai bidang mulai dari pendidikan ekonomi sampai sosial budaya,” terangnya.

Ia juga mengajak, mari kita manfaatkan momentum ini untuk bersyukur atas perjalanan darma wanita persatuan yang panjang dan tidak tidak luput dari tantangan juga untuk merefleksikan semua perjuangan yang telah kita tempuh sebagai bekal melaju ke depan.

“Semoga kita selalu padu dalam kebersamaan dan gotong royong untuk membangun keluarga lingkungan dan bangsa menuju Indonesia emas,” harapnya.

Sementara itu, Pj Sekda Batang Ari Yudianto mengatakan, tema yang diangkat pada acara ini tidak lepas dari upaya pemerintah dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan yaitu peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) demi kemajuan Batang.

“Perempuan juga memegang peranan strategis dalam sektor kesehatan. Dengan mendukung program-program kesehatan yang ada, mereka dapat berperan dalam menyehatkan masyarakat Batang. Salah satu upaya penting yang bisa dilakukan adalah dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan sosialisasi penanganan stunting, pentingnya hidup sehat dan menjaga pola hidup bersih serta sehat kepada seluruh masyarakat Batang,” tegasnya.

Dalam sektor ekonomi, perempuan juga memiliki peranan penting dalam pengembangan usaha dan koperasi yang ramah lingkungan. Dalam hal ini, perempuan dapat berperan sebagai pelaku usaha yang tangguh dan memiliki manajemen yang baik demi mendorong pertumbuhan     ekonomi yang berkeadilan di Batang. Perempuan juga dapat memanfaatkan potensi sumber daya lokal untuk mengembangkan produk-produk unggulan Batang yang memiliki nilai tambah.

Selain itu, lanjut dia, perempuan juga turut berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Dalam sektor lingkungan, perempuan bisa melibatkan diri dalam kegiatan penghijauan, pencegahan dan pengendalian bencana, serta pengelolaan sampah dan limbah. Dengan begitu, Batang bisa menjadi kabupaten yang hijau dan lestari serta menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya melestarikan lingkungan.

“Dharma Wanita Persatuan selain berperan di sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan hidup. Tidak kalah pentingnya Dharma Wanita Persatuan juga sebagai seorang istri pendamping suami PNS/ASN memiliki peran penting dalam mendukung tugas suami sebagai PNS dan sebagai ibu dan sebagai ibu dalam menciptakan generasi Emas bagi keluarga, Bangsa dan Negara,” ujar dia.

Ia berharap, melalui Peringatan HUT Ke-24 Dharma Wanita Persatuan ini, yang dilaksanakan   pada tanggal 7 Desember, kita semua semakin menyadari betapa berharganya peran strategis perempuan dalam pembangunan yang berkelanjutan. (MC Batang, Jateng/Jumadi)