Home / Berita / Seni dan Budaya / EEL KEMBALI TAMPIL MEMUKAU DI PUNCAK HUT PGRI

Berita

Eel Kembali Tampil Memukau di Puncak HUT PGRI

Batang - Penampilan dalang cilik Elginara Sidqi atau yang akrab disapa Eel kembali memukau pada puncak peringatan Hari Guru Nasional dan HUT Ke-78 PGRI.

Batang - Penampilan dalang cilik Elginara Sidqi atau yang akrab disapa Eel kembali memukau pada puncak peringatan Hari Guru Nasional dan HUT Ke-78 PGRI.

Eel yang saat ini duduk di bangku kelas 6 SD Negeri Beji 3, kembali mendapat kepercayaan untuk menampilkan pagelaran wayang kulit dengan lakon Dewa Ruci, di hadapan Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki dan para tamu undangan.

Dalang cilik Elginara Sidqi mengatakan, meskipun kesempatan untuk tampil di hadapan publik cukup intens, namun menjelang pagelaran, bersama rekan pengrawit tetap melakukan persiapan.

“Latihannya sudah rutin, tapi tadi disempatkan buat gladi bersih dulu, biar lancar pentasnya,” ungkapnya, saat ditemui di Gedung Guru Kabupaten Batang, Rabu (6/12/2023).

Sementara itu, Ketua PGRI Cabang Tulis Teguh Mugiono menyampaikan, pagelaran yang ditampilkan dikhususkan untuk memeriahkan malam puncak HUT PGRI. Meski tampil dengan keterbatasan waktu, namun dalang cilik Eel sudah berupaya maksimal.

“Sebagai bentuk konsistensi dalam pelestarian budaya tradisional, khususnya wayang kulit, dalam waktu dekat Eel bersama tim pengrawit akan kembali menampilkan pagelaran wayang keliling di Kecamatan Tulis,” terangnya.

Ia mengeluhkan, selama proses latihan belum bisa optimal karena masih menggunakan gamelan milik desa setempat.

“Jadi kalau latihan kami selalu pinjam ke pihak desa. Semoga saja kedepan Pemda bisa memberikan bantuan gamelan, supaya anak-anak bisa belajar maksimal dalam melestarikan budaya tradisional,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)