Home / Berita / Aktivitas Pemuda Pramuka dan Organisasi Sosial / KIRAB MERAH PUTIH DESA CANDIARENG JADI BUKTI SEJARAH PERJUANGAN PAHLAWAN KEMERDEKAAN

Berita

Kirab Merah Putih Desa Candiareng Jadi Bukti Sejarah Perjuangan Pahlawan Kemerdekaan

Batang - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi, sekaligus bentuk menghargai dan mengenang perjuangan para pahlawan dilaksanakan kirab merah putih di Desa Candiareng, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Minggu (22/10/2023).

Batang - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi, sekaligus bentuk menghargai dan mengenang perjuangan para pahlawan dilaksanakan kirab merah putih di Desa Candiareng, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Minggu (22/10/2023).

Rute start perjalanan kirab membawa bendera dari Desa Candiareng sampai Desa Masin sepanjang 4 km. Finish di Makam Syekh Tholabudin Desa Masin Kecamatan Warungasem, dilanjutkan upacara penyerahan bendera Merah Putih kepada rombongan kirab kanzus yang akan melanjutkan perjalanan menuju Alun - alun Kota Pekalongan.

Dalam acara tersebut hadir Camat Warungasem Darsono, Sekjen Kanzus Sholawat,  Lurah Candiareng dan 2 Mantan Lurah Candiareng yang secara resmi membuka kegiatan kirab merah putih.

Camat Warungasem Darsono mengatakan, pemilihan rute berdasarkan hubungan kesejarahan di Klopogodo, yakni dalam peristiwa agresi militer kedua tahun 1949 yang berhasil mengalahkan dan mengusir pasukan tentara Belanda.

“Semangat yang diusung dalam kegiatan ini merupakan semangat persatuan ber-Indonesia dalam skala desa, untuk terus maju menjadi desa mandiri dengan menumbuhkan rasa bangga menjadi warga Desa Candiareng,” jelasnya.

Kegiatan tersebut diakhiri ditandai dengan penyerahan sekaligus meluncurkan buku “Wajah Desa Candiareng” buku tersebut merupakan karya perdana Puspa Candiareng atau Perpustakaan Sapta Prabu Desa Candiareng. (MC Batang, Jateng/Jumadi)